Seribuan Bahasa Daerah di Sumut Diusulkan Masuk KBBI

ilustrasi
foto : pixabay

ilustrasi foto : pixabay

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Balai Bahasa Sumatera Utara (Sumut) tengah mengusulkan bahasa daerah atau kosakata di Sumut untuk masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kosakata yang diusulkan jumlahnya mencapai sekitar seribuan.

“Semua kosakata yang ada di Sumut diusulkan. Tahun lalu, sekitar 940 kosakata yang sudah kita kirim. Kalau ditambah lagi tahun ini maka jumlahnya sekitar seribuan,” ungkap Kepala Balai Bahasa Sumut T Syarfina, Selasa (3/10/2017).

Diutarakan dia, pihaknya bersama kalangan masyarakat seperti guru, dosen, mahasiswa dan lainnya telah membahas sekaligus mengumpulkan bahasa-bahasa daerah di Sumut untuk bisa dimasukkan ke dalam KBBI.

“Dalam membakukan bahasa daerah Sumut harus melalui proses atau tahapan terlebih dahulu. Mudah-mudahan tahapan atau proses tersebut dapat terpenuhi,” tutur T Syarfina.

Menurutnya, dengan masuknya bahasa daerah ke dalam KBBI maka akan memperkaya kosakata. Sekaligus juga, melestarikan bahasa daerah itu sendiri.

“Bahasa Indonesia juga banyak menyerap bahasa asing. Jadi, tidak salah jika bahasa daerah juga diserap,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds