Dituduh Eksploitasi Orang Utan, Luna Maya Sampaikan Pembelaan

 Luna Maya.
Foto :  Dedi/JawaPos.com)

Luna Maya. Foto : Dedi/JawaPos.com)

 

POJOKSUMUT.com, Artis peran Luna Maya belakangan menjadi pembicaraan netizen terkait fotonya untuk pemotretan bersama majalah Her World Brides Indonesia.

Dalam foto itu, Luna memakai gaun pengantin dan berpose dengan orang utan bernama Dara.

Menurut organisasi pemerhati orang utan, Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, pemotretan itu merupakan bentuk mengeksploitasi satwa yang terancam punah.

Luna merasa kaget karena foto dia bersama orang utan menjadi polemik. Pemain film The Doll 2 ini memberikan klarifikasi mengenai foto yang menjadi pembicaraan itu.

“Waktu sampai di lokasi syuting, aku enggak tahu konsepnya akan foto dengan orang utan. Aku tahunya kami foto di Bali Zoo. Pihak majalah juga bilang ada kerja sama dengan Bali Zoo,” kata Luna di kawasan Setiabudi, Jakarta, Jumat (6/10).

Luna merasa tidak ada masalah karena telah terjalin kerja sama antara Her World Brides Indonesia dengan Bali Zoo. Sebagai seorang model, dia mengikuti konsep yang ada.

“‎Karena aku profesional aja. Sebagai model, konsepnya begini, ya aku nurut. Aku enggak bisa ngatur, aku enggak mau atau gimana,” ujar Luna.

Pemotretan dengan orang utan dilakukan dalam tujuh kali shot. Bahkan, ketika proses pemotretan, orang utan lebih banyak bermain. Sementara, Luna berpose tanpa menggerakkan tubuh.

Pihak Bali Zoo juga turut mengawasi ketika pemotretan berlangsung.

“Makanya aku pikir ini melalui proses yang benar. Ini enggak ada dalam pikiran kami bakal seheboh ini. Aku pribadi lumayan syok,” tutur Luna.

Perempuan 34 tahun ini ‎merasa tidak fair jika hanya dia yang dipojokan terkait persoalan fotonya dengan orang utan. Sebab, Luna yakin sudah ada pembicaraan antara pihak majalah dan Bali Zoo sebelum melakukan pemotretan.

“Ya pasti kan pihak majalah sudah punya izin, sudah ada datang ke pihak zoo segala macam, ada komunikasi, which is di situ di luar tanggung jawab aku. Yang aku tahu cuma datang ke lokasi syuting, aku foto, sudah selesai,” ucap Luna. ‎

Luna menegaskan, tidak memiliki niatan untuk mengeksploitasi hewan.
(gil/jpnn/sdf)



loading...

Feeds