Spanyol Lolos Piala Dunia 2018, Italia Play Off

 Spanyol memastikan lolos langsung ke Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Albania (AFP)

Spanyol memastikan lolos langsung ke Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Albania (AFP)

 

POJOKSUMUT.com, Spanyol memastikan lolos langsung ke Rusia 2018 dengan status juara Grup G. Sementara itu, Italia harus menjalani laga play-off untuk bisa tampil di Piala Dunia 2018.

Kepastian La Furia Roja melenggang ke Rusia usai mengalahkan tim tamu Albania dengan skor 3-0, Sabtu (7/10) dini hari WIB.

La Furia Roja kokoh sebagai juara Grup G dengan koleksi 25 angka. Tim asuhan Julen Lopetegui itu unggul 5 angka dari Italia yang berada di kursi runner-up.

Bagi La Furia Roja, untuk ke-15 kalinya mereka mampu tampil di pentas Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka adalah juara pada 2010 saat Piala Dunia digelar di Afrika Selatan.

Sebenarnya Spanyol memang diyakini akan mampu melenggang mulus ke Rusia 2018 usai mengalahkan Italia dengan skor 3-0 pada 2 September lalu. Italia merupakan satu-satunya pesaing utama di Grup G dan dengan kemenangan itu langkah mereka diyakini tak terbendung.

Kemenangan atas Albania pada Sabtu (7/10) dini hari WIB pun sudah diramalkan. Maklum saja, Spanyol bertindak sebagai tuan rumah dan dalam 6 pertemuan sebelumnya, La Furia Roja selalu menang.

Artinya, Spanyol meneruskan dominasinya atas Albania dengan selalu menang dalam 7 pertemuan.

Meski dibayangi konflik di Catalonia dan sejumlah pemain mengalami intimidasi dari suporter sendiri, Spanyol seolah tak terpengaruh.

Seperti diketahui, Gerard Pique masih menjadi sasaran ketidaksenangan fans Spanyol terkait pendapatnya yang mendukung kemerdekaan Catalonia. Pique sebagai defender Barcelona memang merupakan penduduk Catalan.

Dalam laga, tak ingin Pique mengalami penurunan mental karena terus mendapat siulan saat memegang bola, Lopetegui menariknya keluar pada menit 60. Dia digantikan oleh bek Real Madrid, Nacho.

La Furia Roja sendiri mencetak tiga gol pada babak pertama. Penyerang Valencia, Rodrigo, membuka keunggulan pada menit 16.

Dia memanfaatkan umpan sepak pojok dari Isco. Pada menit 23 atau 7 menit berselang, Isco yang giliran mencetak gol usai memanfaatkan sodoran bola dari Koke.

Gelandang Bayern Muenchen, Thiago Alcantara menambah keunggulan Spanyol menjadi 3-0 pada menit 26. Dia mencetak gol lewat sundulan usai memanfaatkan umpan dari Álvaro Odriozola Arzallus, pemain debutan timnas Spanyol. Pada babak kedua tak ada gol yang tercipta sehingga Spanyol menang 3-0.

Sementara itu, Italia hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Makedonia pada saat bersamaan. Ini hasil yang di luar dugaan karena Italia bermain di depan publik sendiri.

Unggul lebih dahulu pada menit 40 lewat Giorgio Chiellini, Makedonia mampu menyakan kedudukan pada menit 77 lewat pemain pengganti Aleksandar Trajkovski.

Italia hanya bermain seri saat menjamu Makedonia (AFP)

Hasil seri tersebut tak menghentikan langkah Gli Azzurri meraih tiket play-off. Maklum saja, mereka sudah unggul jauah dari peringkat ketiga sejak awal. Kini, Italia menunggu lawan dalam play-off nanti untuk memperebutkan tiket Piala Dunia 2018.



loading...

Feeds