Negara Latin Ini Pertama Berangkat ke Piala Dunia 2018

 Kendall Watson menjadi pahlawan Kosta Rika dengan mencetak gol penyeimbang ke gawang Honduras. (Twitter @FIFAWorldCup)

Kendall Watson menjadi pahlawan Kosta Rika dengan mencetak gol penyeimbang ke gawang Honduras. (Twitter @FIFAWorldCup)

 

POJOKSUMUT.com, Menempati peringkat kedua di bawah Meksiko, tim pertama dari zona CONCACAF yang memastikan lolos ke PiIala Dunia 2018, Kosta Rika memang cuma butuh hasil imbang untuk ikut berangkat ke Rusia. Namun, ternyata perjuangan demi merebut satu angka tak diraih dengan mudah.

Meski mendominasi sepanjang babak pertama, Kosta Rika tak mampu mencetak gol. Setelah cuma bermain imbang 0-0 pada paruh pertama, tuan rumah justru dibuat tersentak dengan gol Honduras pada menit ke-66 melalui Eddie Hernandez.

Gol itu membuat Keylor Navas dan kawan-kawan mencoba meningkatkan tempo serangan. Tak ayal, Kosta Rika mengurung Honduras separuh lapangan sepanjang sisa babak kedua. Namun, upaya anak asuh Oscar Ramirez untuk mencetak gol penyeimbang acap menemui kebuntuan.

Drama yang diharapkan publik tuan rumah akhirnya hadir saat injury time memasuki menit kelima. Kendall Watson menjadi pahlawan Kosta Rika dengan mencetak gol penyeimbang ke gawang Honduras yang dikawal Donis Escober. Skor 1-1 bertahan sampai laga tuntas.

Dengan donasi satu angka dari hasil imbang ini, Kosta Rika nyaman berada di peringkat kedua dengan poin 16. Dengan sisa satu pertandingan, angka itu tak mungkin lagi dikejar oleh Panama atau Honduras yang berada di peringkat keempat dan kelima. Bahkan oleh Amerika Serikat yang berada di urutan ketiga.

Dengan kata lain, Kosta Rika sudah berhasil mengamankan tiket Piala Dunia 2018. Bagi Los Ticos -julukan Kosta Rika- Piala Dunia 2018 menjadi partisiasi yang keempat setelah edisi 1990, 2002, 2006, dan 2014.

Prestasi terbaik mereka adalah kala mampu melaju hingga babak perempat final pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Dengan lolosnya Kosta Rika, berarti tiket dari zona CONCACAF sudah diraih dua tim. Sisa satu tiket otomatis akan diperebutkan oleh AS, Panama, dan Honduras, pada laga pamungkas, Rabu (11/10).

AS dengan koleksi 12 poin akan bersua Trinidad & Tobago, Honduras dan Panama yang sama-sama mengumpulkan 10 poin masing-masing akan bertemu Meksiko dan Kosta Rika.

(ira/JPC/sdf)



loading...

Feeds