Ketika Piala Dunia 2018 Terancam tanpa Argentina

Lionel Messi dkk harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke Piala Dunia 2018
foto : fifa.com

Lionel Messi dkk harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke Piala Dunia 2018 foto : fifa.com

POJOKSUMUT.com, GELARAN Piala Dunia 2018 tampak sangat sulit diraih bagi tim-tim besar yang sejatinya menjadi langganan di ajang ini.

Sebut saja, tim nasional Argentina yang kini malah berada di ujung tanduk. Hasil seri melawan Peru pada matchday ke-17 Kualifikasi Piala Dunia2018 zona Amerika Selatan (Conmebol), Kamis (5/10/2017) atau Jumat pagi WIB, membuat Albiceleste terlempar dari urutan kelima.

Pada saat yang bersamaan Cile menang 2-1 atas Ekuador. Kemenangan itu membuat peringkat Argentina melorot ke urutan keenam. Hingga berita ini diturunkan, Argentina mengumpulkan total 25 poin.

Lionel Messi dkk justru kalah selisih gol dari Peru yang kini menempati peringkat kelima. Sedangkan justru Cile naik ke posisi ketiga setelah mengumpulkan total 26 angka. Mereka unggul selisih gol atas Kolombia yang pada saat yang bersamaan kalah 1-2 dari Paraguay dan menempati peringkat keempat.

Realitas terbaru ini membuat peluang Argentina tidak bisa tampil dalam Piala Dunia 2018 di Rusia semakin besar. Sebab, zona Conmebol hanya punya lima jatah dengan rincian, peringkat satu hingga empat langsung meraih tiket putaran final sedangkan peringkat kelima harus menjalani play-off melawan juara Oceania.

Saat ini zona Oceania sudah melahirkan sang pemenang yakni Selandia Baru. Itu berarti, peringkat kelima Conmebol akan melakukan play-off melawan negara tersebut pada November mendatang.

Dengan demikian, Argentina tinggal memiliki satu kesempatan untuk lolos ke Rusia ketika melakoni partai pamungkas melawan tuan rumah Ekuador pada Selasa (10/10) atau Rabu pagi WIB. Lionel Messi dkk tidak punya pilihan selain menang untuk menjaga harapan lolos. Ya, paling tidak melalui melalui jalur play-off. Kalau kans terakhir ini juga tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal, berarti harapan Argentina untuk merumput di Piala Dunia 2018 menguap begitu saja.

Sejauh ini, zona Conmebol baru meloloskan Selesao atau tim nasional Brasil. Brasil menjadi penguasa klasemen karena sudah mengumpulkan 38 angka. Bayangkan saja, juara dunia lima kali ini unggul jauh10 angka atas Uruguay yang kini menempati peringkat kedua.

Artinya, tiga tiket otomatis tersisa serta satu tempat play-off menjadi rebutan antara enam tim yang sama-sama masih berpeluang. Tiga tim lainnya yakni Ekuador, Bolivia, dan Venezuela praktis sudah ke Negeri Beruang Merah.

Tim Tango harus bisa mengambil keuntungan saat Peru dan Kolombia harus melumpuhkan pada laga terakhir asalkan Messi dkk menang.

Kalau menang, berari perolehan angka mereka akan melewati Peru atau Kolombia sehingga tiket play-off pun masuk dalam genggaman.

Kalau tidak, ini menjadi mimpi buruk justru ketika Argentina kini dipegang oleh mantan pelatih Cile yang selama ini dianggap sebagai dewa oleh publik negeri mantan Presiden Salvador Allende itu. Kalau ini yang terjadi, publik sepak bola dunia akan kehilangan liukan Lionel Messi. (tol/jpg/nin)



loading...

Feeds