Wow! Lima Dermaga Baru Segera Dibangun di Danau Toba

KM Dosroha 2 yang pernah ditumpangi Presiden Jokowi di Danau Toba. Dalam dua tahun ke depan, pemerintah akan bangun lima dermaga di sini.
| foto-foto: Syaifullah Defaza/pojoksumut

KM Dosroha 2 yang pernah ditumpangi Presiden Jokowi di Danau Toba. Dalam dua tahun ke depan, pemerintah akan bangun lima dermaga di sini. | foto-foto: Syaifullah Defaza/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, TAPUT-Guna mendorong kegiatan pariwisata di Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi wisata utama baru di Indonesia, Kementerian Perhubungan RI akan membangun sebanyak lima dermaga baru.

Pembangunan itu direncanakan akan berlangsung hingga dua tahun ke depan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, dari lima dermaga yang akan dibangun dua di antaranya berada di Pulau Samosir. Sementara tiga lainnya berada di pinggiran sekeliling Toba.

“Danau Toba satu danau yg indah. Oleh karenanya, satu keniscayaan kita harus membangun fasilitasnya. Dalam dua tahun ini Kemenhub akan membangun lima dermaga, dua dermaga di pulau Samosir dan tiga dermaga di pinggiran,” ujar Budi usai mengitari Pulau Sibandang di Tapanuli Utara, Sabtu (14/10/2017).

Dia menjelaskan, dermaga yang dibangun itu nantinya akan didukung oleh sejumlah kapal feri dengan muatan yang cukup besar.

“Tahun ini kita membangun satu kapal dengan kapasitas kira-kira untuk 200-300 orang dan bisa untuk kapal roro. Kita akan bangun dua, selain itu ASDP juga akan membangun satu. Jadi, nanti akan ada lima kapal roro yg akan di sekitar danau toba sehingga konektivitas antar pelabuhan semakin bagus. Sekarang ini kan masing-masing dari satu tempat ke tempat lain memakan waktu satu jam. Nanti dengan adanya kapal tersebut, bisa hanya 15-30 menit. Ini akan semakin efektif untuk para wisatawan,” papar Budi.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, mereka akan menggalakkan dan memberdayakan masyarakat lokal untuk mendukung transportasi.



loading...

Feeds