Nah Loh! Komnas PA Bela Siswa Sisipan di Medan, Dukung Bertahan di Sekolah

Arist Merdeka Sirait

Arist Merdeka Sirait

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Ratusan siswa sisipan atau ilegal di SMA Negeri 2 dan 13 Medan, mendapat dukungan dari Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA).

Siswa-siswa yang masuk tanpa melalui proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online tersebut atau melanggar Pergub tentang PPDB Online (Pergub No 52/2017), diminta tetap bertahan di sekolah negeri tersebut.

“Kami sangat mendukung sekolah untuk tetap mempertahankan siswa tersebut (ilegal) atau tidak dipindahkan. Langkah ini dilakukan demi menyelamatkan hak anak-anak yang dijamin negara, maka dari itu kita harus menjaminnya,” ujar Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat mengunjungi SMA Negeri 2 Medan, Selasa (17/10/2017).

Diutarakan dia, permasalahan siswa sisipan perlu diklarifikasi karena telah terjadi pelanggaran hak anak atas pendidikan.

“Seharusnya, solusi yang diberikan tidak mengabaikan hak anak. Memang di satu sisi terjadi pelanggaran administrasi,” ucap Arist.

Arist Merdeka saat mengunjungi sekolah yang menerima siswa titipan di Medan, Selasa (17/10/2017).
foto : fir/pojoksumut

Ia menyatakan, dala persoalan ini gubernur dan kepala dinas pendidikan Sumut harus segera mengambil sikap. Sebab, kedua pemangku kepentingan tersebut memiliki hak diskresi untuk tidak mengabaikan hak anak.

“Kedua pemangku keputusan bisa menggunakan hak diskresi mereka demi menyelamatkan nasib anak-anak. Solusinya, tetap bersekolah di sana. Apalagi, saya sudah mengunjungi dan ada ruangan. Kecuali tidak ada ruangan, harus meminjam ke sekolah lain atau sebagainya,” dalih Arist.

Sebagaimana diketahui, hasil temuan Ombudsman Perwakilan Sumut masih ada sekolah yang nekat menerima siswa tanpa melalui sistem tersebut. Para siswa itu justru diterima setelah pelaksanaan PPDB Online berakhir.

Hasil investigasi Ombudsman, di SMA Negeri 13 Medan ada sekitar 72 siswa yang diterima tanpa PPDB Online. Sedangkan, SMA Negeri 2 Medan ditemukan sebanyak 180 siswa. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds