Pertamina: Stok Elpiji 3 Kg di Sumut Cukup sampai Akhir Tahun

Gas 3 Kg
foto : Dalil Harahap/batampos/jpg

Gas 3 Kg foto : Dalil Harahap/batampos/jpg

POJOKSUMUT.com, MEDAN-PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I Sumbagut, memastikan stok elpiji gas 3 kg di Provinsi Sumut masih cukup sampai akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan guna menepis kabar pasokan gas bersubsidi tersebut, hanya mampu memenuhi kebutuhan di Medan sampai akhir bulan ini yang disampaikan oleh anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba beberapa waktu lalu.

Officer Communication & Relation PT Pertamina MOR I Sumbagut, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, pasokan gas 3 kg di Sumut tersisa sekitar 20 juta tabung. Sisa kuota tersebut dialokasikan untuk 2 bulan setengah.

“Ini lagi kita atur (penyaluran). Sebenarnya kuota cukup seandainya memang tepat sasaran dan pembeliannya bisa diatur. Tapi masalahnya aturan siapa yang bisa beli dan tidak, masih ‘abu-abu’ alias tidak jelas,” ungkap Arya, Selasa (17/10/2017).

Diutarakannya, kuota gas 3 Kg yang ditetapkan di wilayah Sumut tahun ini sekitar 112 juta tabung. Dari jumlah itu, sekira 24 juta tabung untuk Medan.

“Kalau sesuai kuota yang ditetapkan, jatah Medan harusnya masih ada sekitar 20 persen. Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian. Jadi kalau sisa 20 juta tabung, maka kuota untuk Medan berarti masih ada 4 jutaan tabung lagi,” sebut Arya.

Disinggung mengenai pernyataan anggota DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba yang menyebutkan bahwa pasokan gas di Medan hanya mampu bertahan setengah bulan, Arya mengatakan, kemungkinan yang disalurkan langsung semua. Artinya, tidak bertahap.

“Maksud pak Parlindungan kalau digelontorkan langsung semua di bulan ini dan memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai grafik, ya bisa habis. Karena trennya naik terus setiap bulannya. Itulah, kenapa kami mengatur terus dan selalu menghitung kebutuhan tiap kabupaten dan kota,” pungkasnya.



loading...

Feeds