Terkait Siswa Sisipan, Ombudsman Sumut : Komnas PA Tak Pahami Duduk Persoalan

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar mengatakan, bahwa sejatinya tidak ada yang melarang siswa-siswa tersebut untuk bersekolah.

Artinya, tidak ada pelanggaran hak anak yang terjadi dalam persoalan tersebut.

“Tak ada yang melarang mereka sekolah. Jadi sebenarnya Dinas Pendidikan berusaha menyelamatkan mereka, bukan diberhentikan sekolah. Dibantu mereka ke sekolah swasta, karena mereka masuk ke sana (SMA Negeri 2 Medan secara ilegal,” sebutnya, Selasa (17/10/2017).

Menurut Abyadi, pelanggaran terhadap hak anak justru dilakukan oleh orangtua/wali siswa-siswa tersebut. Sebab, siswa-siswa tersebut masuk dari jalur offline.

“Sama-sama kita ketahui bahwa siswa-siswa ini masuk secara ilegal. Bahwa melalui Permendikbud No 17 tahun 2017 dan Pergub Sumut No 52 tentang PPDB Online, sudah jelas dikatakan bahwa penerimaan siswa baru seluruhnya melalui online,” jelasnya.

Oleh karena itu, Abyadi memberi saran kepada Arist Merdeka Sirait untuk memahami duduk persoalan sebelum membuat kesimpulan tentang apa yang terjadi.

“Saya menyarankan Bang Arist untuk mempelajari kronologi persoalannya dulu baru buat kesimpulan. Saya lihat tak memahami persoalan sejak awal, dan masuk di tengah-tengah,” tandas Abyadi.

Sebagaimana diketahui, dalam kunjungan ke sekolah SMA Negeri 2 Medan, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan para siswa yang masuk dengan jalur ilegal atau sisipan didukung untuk tetap di sekolah tersebut.

Sebelumnya, hasil temuan Ombudsman Perwakilan Sumut masih ada sekolah yang nekat menerima siswa tanpa melalui sistem tersebut. Para siswa itu justru diterima setelah pelaksanaan PPDB Online berakhir.

Hasil investigasi Ombudsman, di SMA Negeri 13 Medan ada sekitar 72 siswa yang diterima tanpa PPDB Online. Sedangkan, SMA Negeri Medan lainnya ditemukan sebanyak 180 siswa. (fir/pojoksumut/nin)



loading...

Feeds