Bjork Ungkap Pernah Mengalami Pelecehan Seksual Sutradara Denmark

Bjork
foto : rolling stone

Bjork foto : rolling stone

POJOKSUMUT.com, KISAH miris para selebriti dunia yang pernah menjadi korban pelecehan seksual tidak hanya datang dari Hollywood yang dilakukan Harvey Weinstein. Belakangan ini, Weinstein menjadi topik dunia karena aksi cabulnya terhadap para aktris.

Di belahan dunia lainnya, ternyata, penyanyi kawakan Bjork juga mengungkap pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh seorang sutradara Denmark.

Pengalaman tak menyenangkan itu terjadi ketika ia terlibat dalam penggarapan film sang sutradara tersebut.

“Aku terinspirasi oleh wanita-wanita di berbagai tempat yang bicara lewat media online, untuk memberitahu tentang pengalamanku dengan seorang sutradara Denmark. Karena aku datang dari sebuah nega­ra yang merupakan salah satu tempat di dunia yang mengakui persamaan gender dan di saat bersamaan, aku datang dari posisi yang kuat di dunia musik dengan kemandirian yang kuat,” terang musisi, artis, dan penulis lagu hit asal Islandia ini seperti dilansir Harian Rakyat Merdeka (Jawa Pos Group) hari ini.

Bintang Dancer in the Dark tersebut menambahkan di Facebook, “Sangat jelas bagiku ketika aku masuk ke profesi aktris bahwa penghinaan dan peranku sebagai seseorang yang dilecehkan secara seksual adalah norma dan ditetapkan oleh sutradara dan puluhan staf yang mengizinkan dan mendorongnya,” tulisnya.

Dalam cerita panjangnya, Bjork tak menjelaskan pelecehan seksual seperti apa yang ia terima. Pelantun Army of Me dan Its Oh So Quiet ini hanya mengatakan, jika sang sutradara menghukumnya ketika ia menolak menuruti permintaan sang sutradara.

“Ketika aku menolak sutradara berkali-kali, dia merajuk dan men­ghukumku dan membuat sebuah sebuah jaring ilusi mengesankan un­tuk timnya dimana aku diperlihatkan seperti seseorang yang sulit. Karena kekuatanku, timku yang hebat, dan karena aku tidak akan rugi, tidak punya ambisi di dunia akting, aku melangkah pergi dari dunia ini dan menyembuhkan diri selama berta­hun-tahun,” jelas Bjork. (*/jpg/nin)



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …