Gara-gara Ini, Harga Tomat di Medan Naik

Tomat
foto : Pixabay

Tomat foto : Pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Harga tomat di Kota Medan sekitarnya merangkak naik. Harga tomat yang semula dijual sekitar Rp8.000 per kg, kini menjadi Rp15.000 per kg.

“Naiknya tidak tanggung-tanggung hampir 100 persen. Kenaikan ini sudah berlangsung beberapa hari terakhir,” kata salah satu pedagang di Pasar Sei Sikambing Medan, A Silalahi, Rabu (18/10/2017).

Diutarakannya, akibat harga yang melambung, pasokan tomat pun berkurang tidak seperti hari biasanya.

“Karena dari pemasok sudah naik, saya hanya sanggup beli 25 kg. Kalau waktu belum naik, setiap hari saya bisa ambil lebih dari 50 kg,” ujarnya.

Menurut dia, kenaikan harga tomat karena faktor cuaca malam yang kurang bagus. Sehingga, menyebabkan pasokan ikut berkurang berimbas kepada harga menjadi naik.

Tak jauh beda disampaikan pedagang Pasar Padang Bulan Medan, Yanti. Ia mengatakan, harga tomat sudah naik hampir sepekan.

Kenaikan ini tidak diketahui penyebabnya. Hanya saja, pemasok biasanya menyatakan karena cuaca malam sering hujan deras, sehingga perjalanan menuju kota Medan terganggu.

“Pemasok bilang kepada saya, kenaikan tomat karena perjalanan ke Medan kurang bagus. Sehingga, ada beberapa yang busuk sampai di Pasar Induk. Jadi, kami pun tidak mau rugi, yang busuk atau pecah tidak kami ambil,” bebernya.

Yanti berharap, agar kenaikan tomat ini tidak lama berlangsung. Mengingat, tomat salah satu pendukung bumbu untuk memasak. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds