Tingkatkan Daya Saing, Unimed Kembangkan Sistem Akuntansi Perhotelan di Danau Toba

Unimed

Unimed

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Merespon program pemerintah dalam pengembangan kawasan wisata Danau Toba, Universitas Negeri Medan (Unimed) sebagai salah satu perguruan tinggi yang terletak di dekat kawasan Danau Toba berusaha untuk mendukung hal tersebut.
Salah satu kebutuhan, adalah dukungan sistem yang dibutuhkan oleh hotel-hotel di dekat kawasan Danau Toba. Proses pembangunan sistem, terutama sistem keuangan dapat dirancang dan dibangun oleh dosen-dosen dalam bidang keahlian akuntansi dan manajemen.

Tim dosen pengabdian Unimed yang diketuai oleh Chandra Situmeang SE MSM Ak CA merancang sistem akuntansi dan manajemen sederhana, yang dapat digunakan di hotel-hotel di kawasan Danau Toba. Sistem itu dibangun dengan menggunakan dana hibah pengabdian pada masyarakat dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti.

“Sistem tersebut dirancang secara mandiri oleh dosen dan mahasiswa jurusan akuntansi Unimed, yang bekerja sama dengan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI),” ungkap Chandra Situmeang, Senin (30/10/2017).

Dijelaskannya, pada tahun pertama tim pengabdian masyarakat Unimed dan Politeknik WBI menggandeng dua hotel mitra. Yaitu, Hotel Toledo Inn dan Rogate Beach yang terletak di kawasan Tomok.

“Kebutuhan sistem pada hotel-hotel di kawasan Danau Toba cukup penting untuk memulai manajemen yang lebih modern. Hal ini seiring dengan pengembangan kawasan Danau Toba menjadi tempat wisata yang jauh lebih baik,” tutur Chandra.

Lebih lanjut diutarakannya, sistem yang dirancang dan diimplementasikan pada kedua hotel mitra merupakan hasil dari analisis kebutuhan masing-masing hotel tersebut. Sehingga, diharapkan memberikan manfaat positif dalam bentuk peningkatan daya saing hotel.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menjalin komunikasi dengan Pemerintahan Kabupaten dan Badan Otoritas Danau Toba untuk melaksanakan berbagai kegiatan lain sesuai dengan strategi pengembangan kawasan yang telah dirancang pemerintah. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena sesuai dengan garis kebijakan yang ditetapkan rektor Unimed untuk mendorong seluruh sumber daya yang dimiliki Unimed baik secara individual maupun bekerja sama dengan institusi lain berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya pada wilayah kawasan terdekat.



loading...

Feeds