JPU Banding Vonis Ringan Ramadhan Pohan

Ramadhan Pohan memberikan keterangan

Ramadhan Pohan memberikan keterangan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Ramadhan Pohan belum bisa bernafas lega dengan vonis ringan yang diputuskan hakim dalam kasus penipuan sebesar Rp15,3 miliar.

Pasalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) secara resmi mendaftarkan banding atas vonis 15 bulan penjara tanpa penahanan tersebut.

Putusan itu dinilai terlalu ringan dari tuntutan jaksa 3 tahun penjara.

Tak hanya vonis Ramadhan Pohan, JPU juga mendaftarkan banding terhadap terdakwa lainnya, yakni Savita Linda Hora Panjaitan, yang menerima vonis ringan dengan hukuman selama 9 bulan kurungan penjara dalam kasus yang sama.

“Kita banding atas putusan terhadap terdakwa Ramadhan Pohan dan Savita atas kasus penipuan itu,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian seperti dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group) Selasa (31/10/2017).

Dia menjelaskan, JPU dalam tuntutannya agar Wakil Sekretaris Jendral DPP Demokrat dan Savita untuk dilakukan penahanan. Namun, dalam putusan Majelis Hakim diketuai Erintuah Damanik tidak menetapkan penahanan untuk kedua terdakwa.

Sehingga, Ramadhan Pohan dan Savita masih menghirup udara bebas saat ini.

”Sudah kita daftarkan hari ini (kemarin,Red) bandingnya ke Panitra Muda bidang pidana umum di PN Medan. Kemudian sembari kita membuat memori banding kedua terdakwa,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, vonis ringan untuk Ramadhan Pohan disampaikan majelis hakim di ketuai oleh Erintuah Damanik di PN Medan, Jumat (27/10/2017) lalu. Sementara itu, Vonis ringan yang sama juga disampaikan majelis hakim PN Medan, Kamis (26/10/2017) lalu.

Kedua terdakwa terbukti bersalah secara dan meyakinkan bersalah dan melanggar melanggar Pasal 378 jo pasal 55 KUHPidana tentang penipuan dilakukan bersama-sama.

Dalam dakwaan JPU, Savita Linda bersama Ramadhan Pohan didakwa melakukan penipuan dengan korbannya adalah Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan Laurenz Hendry Hamongan Sianipar.

Dua korban yang berstatus ibu dan anak ini mengalami kerugian dengan total Rp15,3 miliar. (gus/ila/JPG/nin)



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.