LPM Unimed Olah Tanaman Jadi Obat

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pendampingan dalam kegiatan masyarakat dengan Kelompok Usaha Pembuatan Herbal di Kabupaten Deliserdang, baru-baru ini.

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan di salah satu rumah kelompok mitra kegiatan, yakni di Desa Tumbukan yang dihadiri perangkat desa, kelompok pembuat herbal dan ibu-ibu PKK.

 

Ketua Tim Pengabdian Drs Selamat Riadi MT mengatakan, dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan ekonomi keluarga.

 

Di samping itu, sebagai tambahan pengetahuan dalam mengolah benalu kopi, sambiroto dan temu putih (sejenis tanaman rimpang seperti kunyit, jahe) menjadi obat herbal.

 

 

“Benalu kopi, sambiroto dan temu putih, merupakan tumbuhan terna (batang lunak) tahunan dengan tinggi mencapai dua meter. Mereka tumbuh tidak berkelompok yang manfaatnya kurang dimengerti dan kurang disukai oleh masyarakat,” ungkap Selamat Riadi didampingi anggota tim, Ir Firdaus MKes dan Drs Jumiadi AW Ak MSi di kampus Unimed, Kamis (2/11/2017).
Akan tetapi, sambung Selamat, dengan adanya ilmu pengetahuan tanaman tersebut dapat diolah dengan mesin pengaduk dan pengering menjadi serbuk kapsul. Sehingga, menjadi obat yang mudah dikonsumsi dan dapat menyembuhankan berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit lainnya.

 

“Pengolahan beberapa tanaman yang kurang dimengerti manfaatnya tersebut, mengacu pada standar pengolahan yang hieginis. Dengan kata lain, aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan pengawet maupun pewarna buatan,” tuturnya.

 
Sementara, pihak Kelompok Usaha Pembuatan Herbal di Kabupaten Deliserdang mengaku sangat berterima kasih atas pendampingan dan bimbingan yang dilakukan Tim Pengabdian LPM Unimed. Sebab, pendampingan yang dilakukan sangat bermanfaat banyak bagi masyarakat. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds