Menyedihkan, di Kabupaten Deliserdang Cuma Ada 9 Wasit

Ilustrasi

Ilustrasi

 

POJOKSUMUT.com, DELI SERDANG – Regenerasi wasit di Deliserdang, Sumut, cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, saat ini di Deliserang hanya memiliki sembilan wasit yang aktif.

“Selain sudah memasuki massa pensiun, sebagain wasit pindah daerah. Kini tinggal sembilan wasit,” terang Ketua Askab PSSI Deliserdang Zul Amri ST ketika dijumpai di ruang kerjanya di komplek Stadion Baharoeddin Siregar, Selasa (31/10).

Dilanjutkanya dengan jumlah anggota Askab PSSI Deliserdang sekitar 68 klub, tentu jumlah sembilan orang itu sagat minim.

“Padahal klub-klub itu, rutin melakukan pertandingan baik secara resmi maupun sekedar ujicoba. Tentu pertadingan itu membutuhkan wasit,”terangnya.

Karena itu, terang Zul Amri ST untuk memenuhi akan kekurangan wasit tersebut. Askab PSSI Deliserdang bakal mengelar pelatihan wasit. Tentu pelatihan wasit itu agar dilaporkan ke PSSI, sehingga mentor serta istrukturnya berasal dari PSSI pusat.

“Pelaksanaan pelatihan wasit itu sepengetahuan PSSI pusat. nantinya sertifikatnya pun diterbitkan PSSI,” terangnya.

Sedangkan peserta pelatihan wasit itu berasal dari klub-klub anggota Askab PSSI. Nantinya diminta kepada klub agar mengutus tiga orang. Usianya maksimal 23 tahun.

Sehingga kedepanya wasit hasil pelatihan itu dapat menjadi wasit yang bagus, bahkan kalau boleh dapat berkarir tingkat lebih tinggi lagi.

“Bukan menjadi wasit di Deliserdang aja nantinya. Tetapi dapat menjadi wasit di even lebih tinggi,”katanya.
(btr/jpg/sdf)



loading...

Feeds