Beda Kelas, Indonesia Takluk dari Korsel 0-4

Pemain timnas U-19 
Foto : Jawa Pos

Pemain timnas U-19 Foto : Jawa Pos

POJOKSUMUT.com, PENAMPILAN ciamik Timnas Indonesia U-19 pada dua laga sebelumnya melawan Brunei dan Timor Leste harus berakhir di tangan skuad Korea Selatan (Korsel).

Egy Maulana Vikri dkk harus mengakui keunggulan tuan rumah Korsel dengan skor 0-4 pada partai ketiga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Stadion Paju, Sabtu (4/11/2017).

Korsel sukses mengejutkan Indonesia pada menit ke-8 lewat gol Um Wongsang. Pemain berkostum nomor 11 itu menaklukkan kiper Akil Savik lewat sepakan jarak dekat memanfaatkan bola liar yang gagal ditinju Akil.

Tertinggal 0-1, tim besutan Indra Sjafri ini berusaha bangkit. Pada menit ke-12, Hanis Saghara Putra bahkan mendapat kans emas menyamakan kedudukan. Sayang, Saghara yang berdiri bebas di dalam kotak penalti tidak mampu mengarahkan bola dengan baik ke gawang.

Usai peluang itu, Korsel kembali menekan. Tercatat 3 kali Akil Savik dipaksa melakukan penyelamatan. Terus diserang, Indonesia mampu kembali mengkreasi peluang. Kali ini lewat Muhammad Rifad Marasabessy di menit ke-34. Sayang, sepakan jarak dekat bek kanan Indonesia itu bisa diblok kapten Korsel, Hwang Taehyeon.

Sadil Ramdani juga mencoba peruntungan di menit ke-43. Menerima umpan Egy Maulana Vikri, Sadil melepaskan tendangan jarak jauh. Sayang, tendangan pemain Persela Lamongan itu masih melayang di atas mistar.

Pada menit ke-45, Korsel nyaris menggandakan keunggulan. Berdiri tak terkawal di depan gawang, Jeong Wooyeong yang tinggal berhadapan dengan kiper melepaskan heading. Beruntung, Akil mampu menangkap bola dengan baik. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Indonesia mulai bisa mengimbangi Korsel. Hanya saja, peluang terbaik pertama dimiliki tuan rumah di menit ke-57. Kans Korsel menggandakan keunggulan datang dari Jeon Sejin. Namun, tendangannya dari luar kotak penalti hanya menghantam tiang gawang.

Saat Indonesia sepertinya bisa mulai merepotkan tuan rumah, gawang Akil malah jebol pada menit ke-59. Diawali pergerakan Lee Kyuhyuk di sektor kiri, pemain bernomor punggung 13 itu kemudian memberikan umpan ke depan gawang. Oh Sehung dengan postur tinggi berhasil memenangi duel udara untuk menaklukkan Akil Savik lewat tandukan kerasnya.

Belum sempat memberikan respons untuk gol itu, kiper Indonesia melakukan blunder di menit ke-62. Bermaksud memberikan bola kepada Samuel Christianson di dalam kotak penalti usai mematahkan serangan Korsel, Akil tidak melihat dengan baik rekannya yang tidak menyangka akan diberi bola. Um Wongsang pun dengan mudah mengambil bola itu dan kemudian melepaskan tendangan jarak dekat yang berbuah gol ketiga tuan rumah.



loading...

Feeds