50 Bal Pakaian Bekas dari Malaysia Gagal Diseludupkan ke Tanjungbalai

Barang bukti pakaian bekas dari atas yang diamankan setelah sampai dari Malaysia di Tanjungbalai.
Foto : IST

Barang bukti pakaian bekas dari atas yang diamankan setelah sampai dari Malaysia di Tanjungbalai. Foto : IST

POJOKSUMUT.com, ASAHAN-Tim gabungan dari Lantamal I Belawan dan Lanal Tanjungbalai Asahan menggagalkan penyelundupan 50 bal pakaian bekas ditangkap di Perairan Sungai Bagan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Minggu (5/11/2017) dini hari.

Puluhan bal pakaian bekas tersebut berasal dari Malaysia, yang diangkut menggunakan KM Usaha Nelayan dengan tujuan Tanjungbalai.

“KM Usaha Nelayan muatan 50 ballpres merupakan kapal langsiran, dari kapal yang lebih besar dengan tujuan untuk menghindari pantauan aparat keamanan,” ujar‎ Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Bagus Badari.

Diutarakan dia, penangkapan kapal ini bermula dari informasi yang diterima petugas gabungan. Kemudian petugas melakukan patroli laut di seputaran lokasi penangkapan.
Saat tengah patroli, petugas mencurigai satu unit kapal. Kemudian dilakukan pengejaran terhadap kapal tersebut.

Setelah dihentikan, petugas melakukan pemeriksaan muatan barang ilegal tersebut.‎ Setelah diperiksa, ditemukan muatan 50 bal muatan pakaian bekas tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Turut diamankan seorang nahkoda dan dua orang ABK.‎

“Nakhoda beserta dua orang ABK dan barang bukti dibawa ke Belawan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” tukasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds