Indonesia Takluk 1-4 dari Malaysia, Berkat Status Tuan Rumah, Tetap Lolos ke Piala Asia U1-9

Timnas Indonesi U-19
foto : IG pssi_fai

Timnas Indonesi U-19 foto : IG pssi_fai

POJOKSUMUT.com, PAJU-Skuad Timnas Indonesia U-19 kembali menelan kekalahan kedua pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 yang berlangsung Paju Stadium, Korea Selatan, Senin (6/11/2017).

Setelah takluk dari Korsel 0-4, kini di laga terakhir Grup F, tim besutan Indra Sjafri tersebut kandas 1-4 dari Malaysia.
Pada pertandingan kali ini, Indra Sjafri tak memasukkan Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto dan Saddil Ramdani dalam starting elevennya.

Indonesia dibuat kaget dengan gol cepat Malaysia yang dicepat M Hadi Fayyadh pada menit 7 lewat titik penalti.

Wasit Mooud Bonyadifard asal Iran menunjuk titik putih setelah kiper Gianluca Pagliuca Rossy melanggar pemain Malaysia di kotak penalti.

Tertinggal satu gol, Indonesia langsung mengurung pertahanan Malaysia. Hanya saja, keasyikan menyerang, gawang Rossy kembali jebol. Dari skema serangan balik, Muhammad Akhyar Abdul Rasyid mampu lolos dari jebakan offside untuk menjebol gawang Rossy pada menit 34.

Indonesia mencuri satu gol di menit-menit akhir babak pertama menit 42, untuk mengubah skor menjadi 1-2. Gol ini dicetak Hanis Saghara Putra yang memanfaatkan bola rebound hasil tendangan keras Muhammad Iqbal dari luar kotak penalti yang tak mampu ditangkap dengan baik oleh M Asri Ghani.

Pada babak kedua, Indra Sjafri langsung memasukkan Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani. Namun, saat baru mulai membangun serangan, di menit-menit awal Indonesia kembali dikejutkan gol cepat Malaysia. Berawal dari sepak pojok, bek Malaysia, Shivan Pillay Asokan mampu menaklukkan Rossy lewat tandukan keras dari jarak dekat.

Belum hilang keterkejutan Garuda Nusantara, gawang mereka kembali jebol empat menit kemudian. Kali ini, kembali dilesakkan Fayyadh dari titik putih. Wasit memberikan hadiah tendangan 12 pas kedua bagi Malaysia setelah Muhammad Lutfi melanggar Abdul Rasyid di kotak 16.

Setelah unggul 4-1 Malaysia memilih bertahan. Selain itu, mereka juga mulai bermain keras untuk meredam akselerasi Egy, Saddil dan Muhammad Rifad Marasabessy.
Tak heran Indonesia baru bisa menciptakan peluang bagus di 15 menit akhir. Peluang pertama didapatkan Saddil. Namun sepakan bebasnya bisa ditepis kiper Asri Ghani. Setelah itu, sang penjaga gawang juga berhasil meninju tendangan melengkung Firsa Andika.

Pada menit-menit akhir, Egy juga mencoba peruntungannya. Hanya saja, sepakannya juga mampu diantisipasi dengan baik oleh Asri Ghani. Skor 1-4 tak berubah dan menjadi hasil akhir pertandingan ini pamungkas Indonesia di Korsel.

Dengan kekalahan ini, Indonesia dipastikan hanya finis di posisi ketiga Grup F.

Meski begitu, Egy dan kawan-kawan tetap lolos ke Piala Asia U1-9 tahun depan sebab Indonesia memang akan bertindak sebagai tuan rumah.

(amr/fajar/JPG/nin)



loading...

Feeds