Inilah 5 Stadion Besar Eropa yang Punya Fasilitas Masjid

Allianz Arena markas Bayern Munchen baru saja membuka fasilitas masjid di dalamnya

Allianz Arena markas Bayern Munchen baru saja membuka fasilitas masjid di dalamnya

 

POJOKSUMUT.com, Dibukanya Masjid di markas Bayern Muenchen, Allianz Arena, sebetulnya bukan kali pertama. Ada beberapa klub yang punya fasilitas masjid di dalam stadionnya.

Keberadaan masjid dalam stadion memang sangat penting. Hal itu sebagai penunjang kewajiban suporter muslim yang ingin tunaikan salat saat tengah saksikan timnya berlaga.

Ternyata banyak stadion-stadion di Eropa yang menyediakan masjid di dalamnya. Bahkan, stadion itu merupakan kandang dari klub-klub raksasa Eropa.

Klub mana saja yang punya masjid di dalam stadionnya? Berikut JawaPos.com sajikan.

1. Stadion Etihad (Manchester City)

Etihad Stadium milik Man City

 

Pelopornya adalah Etihad Stadium, markas klub Manchester City. Ini dimulai ketika milyarder dari Timur Tengah, Sheikh Mansour Zayed Al Nahyan membeli Manchester City.

Selain berhasil mengubah status klub dari biasa-biasa saja menjadi papan atas, Sheikh Mansour juga menata ulang filosofi bisnis sepak bola Manchester City tanpa menyangkal sisi religiusnya.

2. Allianz Arena (Bayern Muenchen)

Allianz Arena markas Bayern Munchen baru saja membuka fasilitas masjid di dalamnya

Kebahagiaan para pemain Muslim dan bahkan kemudian ditransmisikan ke tengah benua Eropa, di mana sebuah klub yang dijuluki sebagai The Bavaria bermarkas. Ya, Stadion Allianz Arena di Eropa kini sudah dibangun masjid sebagai apresiasi atas kontribusi para pemain muslim Bayern Muenchen.

3. Kazan Arena (Rubin Kazan)

Kazan Arena markas klub elit Rusia Rubin Kazan

Klub elit Rusia, Rubin Kazan, juga punya masjid di Kazan Arena. Manajemen klub memutuskan untuk membangun sebuah masjid di stadion karena mayoritas penduduknya adalah muslim. Kazan Arena baru saja dibuka pada Juli 2013 silam. Menurut rencananya, stadion ini akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 di Rusia berikutnya.

4. St James’ Park (Newcastle United)

St James’ Park (Newcastle United)

Newcastle United dengan stadionnya, St. James Park juga punya masjid di dalamnya. Meski bertajuk “St.” yang selalu identik dengan pendeta, namun nyatanya manajemen stadion mengerti bahwa agama sangat berpengaruh besar terhadap mentalitas para pemain. Tak terkecuali para pemain muslim, stadion ini kemudian difasilitasi dengan masjid juga di dalamnya.

5. Ewood Park (Blackburn Rovers)

Ewood Park

Selain St James’ Park, Inggris juga punya stadion lain yang di dalamnya memiliki sebuah masjid. Bahkan, uniknya tak cuma masjid, Ewood Park juga membangun gereja untuk memfasilitasi para fans yang memiliki latar belakang agama beragam.

(ies/ce1/JPC/sdf)



loading...

Feeds