Masyarakat Siantar Kecewa, Dua Tokoh Usulan Gagal Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Raja Siantar Tuan Sangnaualuh Damanik

Raja Siantar Tuan Sangnaualuh Damanik

POJOKSUMUT.com, SIANTAR-Presiden Joko Widodo menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh Indonesia dalam rangka momen Hari Pahlawan 2017.

Mereka adalah Lafran Pane, pendiri HMI kelahiran Sipirok, Tapanuli Selatan. Gelar serupa diberikan juga kepada Muhammad Zainuddin, Malahayati, dan Sultan Mahmud Riayat Syah.

Namun, ternyata dari Sumatera Utara, ada dua nama lainnya yang sempat diajukan untuk mendapatkan gelar ini, namun belum disetujui.

Dua nama tersebut diusulkan dari Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun yaitu Raja Sangnaualuh Damanik dan Tuan Rondahaim Saragih.

Hal ini mengundang rasa kecewa dari masyarakat termasuk dari keluarga besar. Rudi Damanik dan Evra Sassky Damanik berharap di tahun depan, Sangnaualuh Damanik dapat diangkat menjadi pahlawan nasional.

“Kita melihat beberapa nama yang sudah dianugerahi pahlawan nasional, telah diusulkan jauh-jauh hari dan berulangkali. Mungkin karena pertimbangan kelengkapan berkas dan data. Kita harapkan tahun depan ini terealisasi,” ujar Evra Sassky Damanik seperti dilansir Metro Siantar (Jawa Pos Group), hari ini.
Ditambahkan Evra, dirinya dan tentunya masyarakat Siantar-Simalungun kecewa dengan belum dianugerahinya Sangnaualuh menjadi pahlawan nasional.

Sementara Tuan Rudi Damanik mengharapkan, seluruh stake holder termasuk pemerintah, panitia, tokoh Simalungun yang tinggal di mana saja untuk bergandengtangan mengusulkan dan mendukung Sangnaualuh Damanik menjadi pahlawan nasional.

“Dibutuhkan dukungan seluruh pihak. Kita masih punya kesempatan untuk mengusulkan kembali,” katanya.

Terpisah budayawan Karsel Saragih mengatakan, gelar pahlawan nasional harus didukung bukti yang otentik. Tentunya menjadi tanggungjawab semua pihak untuk melengkapi bukti tersebut.

“Pemerintah harus lebih pro aktif membantu panitia dan keluarga, karena ini merupakan sejarah dan kebanggaan daerah,”  jelas Karsel Saragih.

Sementara Ketua DPD Hasadaon Saragih Garingging Kabupaten Simalungun Garinsen Saragih mengatakan, keluarga besar Saragih Garingging, panitia dan elemen masyarakat Simalungun masih berusaha untuk melengkapi data dalam pengusulan Tuan Rondahaim Saragih menjadi pahlawan nasional.

“Kita berharap Tuan Rondahaim segera diangkat menjadi pahawan nasional, karena perjuangannya dalam menentang penjajahan Belanda memiliki bukti. Kita juga membutuhkan dukungan semua pihak agar ini menjadi kenyataan,”kata Garinsen Saragih. (esa/ms/jpg/nin)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …