Tokoh Mandailing Bangga Kahiyang Ayu Sandang Boru Siregar

Presiden Jokowi, Ibu Iriani bersama Kahiyang-Bobby saat pesta pernikahan.
Foto : Instagram The Bridestory@allseasonsphoto

Presiden Jokowi, Ibu Iriani bersama Kahiyang-Bobby saat pesta pernikahan. Foto : Instagram The [email protected]

POJOKSUMUT.com, TANGGAL 21 November 2017 mendatang, Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu bakal menyandang boru Siregar setelah resmi menjadi istri Bobby Afif Nasution.
Momen ini disambut baik oleh Tokoh masyarakat Mandailing, Edi Hasibuan. Dia mengaku bersyukur dan bangga adat daerahnya ikut terangkat dan kini menjadi populer.

enurut mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini, pemberian marga dalam adat Tapanuli Selatan biasanya disertai pemotongan kerbau minimal satu ekor.

“Hal tersebut menggambarkan tidak mudah mendapatkan pengakuan marga dan tentu penuh perjuangan untuk menjadi keluarga Batak,” ujar Edi di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Namun sebaliknya, pemilik marga Siregar kata Edi, tentu juga akan bangga karena yang diberikan marga adalah putri presiden.

Dalam pesta adat Mandailing kata Edi, biasanya diisi sejumlah rangkaian, mulai dari pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, manortor, markobar dan patuaekkon hingga acara marombun.

Kemudian dalam pesta rakyat juga disiapkan makanan khas Tapsel seperti sayur daun tumbuk singkong, ikan asap, itak poul-poul dan sejumlah panganan lain.

“Setelah dari Solo, saat ini seluruh masyarakat Sumut sangat bersuka cita menunggu acara adat dan pesta rakyat yang akan digelar di Medan pada 21-26 November mendatang. Bahkan masyarakat Sumut di desa-desa juga ada yang ingin menggelar syukuran di daerahnya masing-masing, ” pungkas Edi.(gir/jpnn/nin)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …