Nahas! Niat Panaskan Mesin, Tiba-tiba Kapal Meledak, Nakhoda Luka Parah

Korban saat dirawat di rumah sakit.
Foto : Taufik/Pojoksumut

Korban saat dirawat di rumah sakit. Foto : Taufik/Pojoksumut

POJOKSUMUT.com, TANJUNGBALAI-Seorang tekong (nakhoda) kapal KM Berkat Jaya, Abdul Hakim (38) terpaksa dilarikan ke rumah sakit, lantaran sekujur tubuhnya terluka bakar. Ini terjadi setelah niatnya memanasi mesin sambil menunggu air laut pasang berakhir petaka.

Kapal yang semula dijawalkan berangkat menuju Ledong dengan daya angkut 30 ton bermuatan gas elpiji 12 Kg ratusan unit, semen sebanyak 630 sak dan minyak makan isi 20 Kg serta 200 jerigen, itu tiba-tiba meledak, Jumat (10/11/2017) malam sekira pukul 22.30 WIB.

Kejadian ini terjadi di Gudang Sri Muara, milik Bang Hin, Jalan PT Timur Jaya, kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung, Tanjungbalai.

Kapal kemudian terbakar sehingga mengakibatkan Abdul Hakim dilarikan ke Rumah Sakit Umum Kota Tanjungbalai. Warga Jalan Pembangunan Lingkungan III, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai, ini mengalami luka bakar serius di sekujur tubuh.

Tarmiji (50), Penjaga Malam kapal tersebut yang juga warga sekitar mengatakan api langsung menyambar kamar mesin sehingga membakar Abdul Hakim yang berada di dalamnya terbakar juga.

Api diperkirakan berasal dari arus pendek yang berasal dari kamar mesin hingga mengakibatkan api menyambar kepada gas yang ada di dekat nya. Lalu ledakan pun tidak terelakkan lagi, terjadi sampai tiga kali dan menimbulkan api sehingga membakar sebagian depan kapal.

Abdul Hakim dilarikan istrinya yang sedang ikut bersamanya Erlina (28).

“Kebetulan saya sama abang (suaminya) karena saya mau ikut numpang ke Ledong, begitu di start mesinnya langsung kelihatan api menyambar. Melihat keadaan suami saya terbakar, saya langsung bawa abang mengendarai kereta (sepeda motor) ke rumah sakit umum dr Tengku Mansur,” jelasnya, Sabtu (11/11/2017). (CR-1/pojoksumt)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …