Modal Sebiji Gol Loloskan Swiss ke Piala Dunia 2018

 Swiss lolos untuk keempat kalinya secara beruntun ke putaran final PIala Dunia. (fifa.com)

Swiss lolos untuk keempat kalinya secara beruntun ke putaran final PIala Dunia. (fifa.com)

 

POJOKSUMUT.com, Swiss memastikan lolos ke Piala Dunia 2018 usai bermain imbang 0-0 saat menjamu Irlandia Utara pada leg kedua play-off di St. Jakob-Park, Minggu (12/11). Skor agregat 1-0 membawa Swiss tampil untuk keempat kali beruntun di putaran final Piala Dunia, dan 11 kali secara keseluruhan.

Bermodal kemenangan 1-0 pada leg pertama di Windsor Park (9/11) lalu, tim asuhan Vladimir Petkovic memang tampil percaya diri pada laga kedua di kandang sendiri. Meski begitu, Swiss tetap mendapat perlawanan sengit dari Irlandia Utara yang coba mengais asa lolos.

Bahkan, laga baru berjalan tiga menit, tim tamu memiliki kans untuk unggul lebih dulu lewat aksi Chris Brunt. Namun, upaya Brunt masih belum membuahkan hasil karena bola hasil sepakan kaki kirinya berhasil diamankan kiper Swiss, Yann Sommer.

Pada menit ke-25, Swiss memperoleh peluang bagus untuk memecah kebuntuan. Kali ini, bola hasil tendangan kaki kiri Xherdan Shaqiri dari dalam kotak penalti dapat dihentikan penjaga gawang Irlandia Utara, Michael McGovern. Skor tanpa gol bertahan sampai jeda.

Selepas turun minum, laga semakin sengit. Swiss dan Irlandia Utara sama-sama bermai terbuka dan saling jual-beli serangan. Pada pengujung laga, Irlandia Utara nyaris menyamakan skor agregat secara dramatis. Beruntung bagi Swiss karena bola sundulan Jonny Evans masih mampu dihalau Ricardo Rodriguez tepat di garis gawang.

Swiss pun bisa mengunci tiket ke Rusia usai mempertahankan skor imbang 0-0 sampai laga tuntas. Agregat 1-0 membawa Swiss tampil untuk ke-11 kalinya di putaran final ajang terakbar sepak bola antarnegara itu.

“Para pemain sangat terpukul, tapi saya tak bisa lebih bangga terhadap mereka dan perjuangan yang telah diberikan. Mereka tak bisa melakukan lebih dari ini. Apa yang sudah diberikan untuk saya, untuk satu sama lain, dan untuk negara, sangat fenomenal,” tutur Michael O’Neill, arsitek Irlandia Utara, di laman resmi FIFA.

“Kami tim yang lebih baik saya rasa. Ya, kami memang berharapkan keberuntungan, kami sadar itu. Tapi sampai menit ke-94, kami terus menekan dan menjaga mimpi. Mereka akan mengenang performa malam ini,” tandasnya.

SUSUNAN PEMAIN



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …