Koordinator Kota Diduga Kutip Dana NUSSP Tiap Koordinator BKM Kelurahan 10 Persen

Solahhuddin Sinaga 
Foto : Taufik/Pojoksumut

Solahhuddin Sinaga Foto : Taufik/Pojoksumut

POJOKSUMUT.com, TANJUNGBALAI-Penyaluran Dana Neighborhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSSP) atau Dana Hibah dari Anggaran APBN Pusat tahap pertama menuai banyak kecaman.

Pasalnya,  dana yang disalurkan ke 15 Kelurahan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan se Kota Tanjungbalai pada bulan September 2017 lalu ini diduga disunat olehordinator kota (Kordot) fasilitator kelurahan Kota Tanjungbalai.

Menyikapi hal ini, Solahhuddin Sinaga Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kota Tanjungbalai angkat bicara.

“Telah terjadi penyalahgunaan jabatan pada Koodinator Kota yang diduga telah melakukan pengutipan Dana NUSSP di setiap melakukan penarikan pada siklus pertama. Tak tanggung-tanggung dana pungli diduga sampai dengan 10 persen dan lain-lain,” ujarnya di Aula Gedung DPRD Kota Tanjungbalai.

“Jadi jangan heran kalau terdapat pekerjaan pada setiap BKM di kelurahan yang menyalahi aturan, atau asal jadi. Wajar saja karena dananya kebanyakan sudah disunat oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti Korkot,” bebernya.

“Bayangkan, Dana NUSSP siklus pertama yang cair untuk satu Kelurahan mencapai Rp500 juta, sedangkan penerima dana tersebut mencapai 15 Kelurahan se Kota Tanjungbalai, Korkot yang diduga melakukan pengutipan dana tersebut untuk apa? Sengaja atau tidak dinilai sudah melakukan penyalahgunaan wewenang atau jabatan”, tambahnya.

Dia mengatakan informasi yang diterima LSM Tipikor Kota Tanjungbalai adanya indikasi kutipan yang diduga dilakukan Korkot tersebut dari beberapa orang ketua koordinator BKM Kelurahan.

“Siklus yang kedua ini hendaknya Pemerintah Kota Tanjungbalai khususnya Wali Kota Tanjungbalai mampu menindak lanjuti permasalahan ini. Demi kemajuan dan sejahteraan masyarakat Kota Tanjungbalai sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Kota Arjak yang berkantor di Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman Penduduk Kota Tanjungbalai saat hendak dikonfirmasi tidak berada di tempat. (CR-1/pojoksumut)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …