Mau Disidang di Medan, Dua Penyuap OK Arya Dititip di Tanjunggusta

OK Arya Zukarnaen saat keluar dari Polda Sumut sesaat mau diboyong ke Jakarta.
foto : IST

OK Arya Zukarnaen saat keluar dari Polda Sumut sesaat mau diboyong ke Jakarta. foto : IST

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dua tersangka kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang menyuap Bupati Batubara nonaktif, OK Arya, dititip KPK ke Rutan Tanjung Gusta, Medan.

Keduanya yakni Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar, yang dititip sejak 9 November 2017 kemarin.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengakui keduanya telah dititip. Menurut Febri, dengan pelimpahan ini kedua tersangka akan disidang di PN Medan.

“Ya benar kita telah menitipkan mereka di Rutan Tanjunggusta Medan untuk disidangkan dalam waktu dekat di Pengadilan Tipikor Medan,” ujar Febri singkat melalui pesan WhatsApp yang beredar di kalangan awak media Medan, Selasa (14/11/2017).

Sementara, Kepala Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan, Amintas Siburian menyebutkan kedua tahanan KPK itu ditempatkan di Blok Tipikor bersama 200 orang tahanan kasus korupsi lainnya.

“Sejak tanggal 9 November keduanya dititipkan di sini. Mereka menghuni blok A,” kata Amintas.

Dia menyatakan, terhadap keduanya tidak mendapat perlakuan khusus selama menghuni salah satu sel tahanan Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan.

“Selama di sini kita jaga, kita rawat. Kalau dipanggil untuk sidang ya kita serahkan ke KPK,” cetusnya.

Seperti diketahui, mantan Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, bersama dua rekanan, Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar serta perantara suap yang juga bos ‘Ada Jadi Mobil’ Sujendi Tarsono alias Ahien dan Kadis PUPR Helman Herdadi, ditangkap KPK dalam operasi Tangkap Tangan ( OTT ) pada 13 September 2017, di rumah Dinas Bupati Batubara. Untuk barang bukti berupa uang suap Rp346 juta.

Uang suap yang berhasil diamankan KPK adalah uang bertahap yang diberikan rekanan kepada OK Arya melalui Ahien. Uang itu untuk pembangunan sejumlah infrastruktur jembatan di sejumlah kawasan Kabupaten Batubara. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …