Sore Ini, Kahiyang Disambut dengan Acara Haruan Boru di Komplek Setiabudi

Situasi rumah Keluarga  Bobby Nasution menyambut kedatangan Kahiyang Ayu di Komplek Bukit Hijau Regency (BHR) di Medan, Minggu (19/11/2017).
Foto : nin/pojoksumut

Situasi rumah Keluarga Bobby Nasution menyambut kedatangan Kahiyang Ayu di Komplek Bukit Hijau Regency (BHR) di Medan, Minggu (19/11/2017). Foto : nin/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Rombongan pengantin baru, Muhammad Bobby Afif Nasution tiba di Medan, Minggu (19/11/2017) siang dari Solo.

Keduanya sedang menuju Bukit Hijau Regency (BHR) Komplek Setiabudi Medan. Minggu sore ini, rangkaian acara adat ngunduh dimulai saat Kahiyang menginjakkan ke rumah orang tua Bobby tersebut.

Kahiyang akan disambut dengan adat yang disebut Haruan Boru. Ini adalah prosesi di mana kali pertama Kahiyang sebagai menantu menginjakkan kaki di rumah mertuanya, sejak menikah di Solo 8 November 2017 lalu.

Pada bagian pintu rumah sudah disediakan berbagai tumbuhan, satu diantaranya batang pisang. Kahiyang nantinya akan diminta menginjak batang pisang ini sebelum masuk rumah.

Perwakilan Media Center, Fakhrur Rozi menjelaskan makna dari batang pisang tersebut dan tumbuhan lainnya adalah agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. “Karenanyalah batang pisang dan tumbuhan lainnya itu disebut dengan istilah ‘ingin dingin’,” jelasnya.

“Nanti Kahiyang diupah-upah oleh keluarga Bobby,” ujarnya.

Rombongan Bobby dan Kahiyang nantinya akan disambut oleh ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar. Oleh Ade Hanifah, Bobby dan Kahiyang akan dituntun untuk masuk ke dalam rumah dan kemudian didudukkan di tempat yang telah disediakan.

“Sesudah itu Bobby dan Kahiyang akan didudukkan di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis maka acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan baik yang disampaikan keluarga dari Solo maupun keluarga dari Medan,” timpalnya.

Inti kata sambutan keluarga yang ada di Medan ialah menyatakan kegembiraan serta mengucap syukur pernikahan di Solo telah berjalan dengan baik. Rasa gembira juga menyelimuti keluarga karena pada hari tersebut Kahiyang Ayu sudah datang di rumah mertuanya dan putri Bapak Jokowi tersebut sudah resmi jugalah menjadi bahagian keluarga besar Nasution.

Sesudah beberapa kata sambutan maka kepada Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disuguhkan beberapa jenis makanan adat seperti “Itak yang pakai santan” dan makanan lainnya.

Kemudian acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar kata pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu yang disampaikan oleh pimpinan sidang yang disebut Raja Panusunan. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds