Besok, Kahiyang Resmi Bermarga Siregar, Begini Persiapannya

Doli Siregar di Kediamannya yang sudah dipasang tenda untuk acara penabalan marga Kahiyang Ayu.

Doli Siregar di Kediamannya yang sudah dipasang tenda untuk acara penabalan marga Kahiyang Ayu.

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Selasa (21/11/2017), Putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan resmi bermarga Siregar. Ini sejalan dengan agenda rangkaian acara adat Ngunduh Mantu di rumah keluarga suaminya, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Penabalan marga ini akan dilaksanakan di Jalan STM, Medan Johor di Kediaman Tulang (Uwak) Bobby, Doli Sinomba Siregar mulai pukul 08.00 WIB.

“Untuk acara besok jelas kita sudah siap, tinggal pelaksanaan. Semua sudah oke. Sudah 98 persen, tinggal menyusun saja,” ujar Doli, Senin (20/11/2017) pagi.

Anggota DPRD Sumut ini menjelaskan pemberian marga ini karena Kahiyang bukan dari Tapanuli Selatan.

“Kebetulan putri (Kahiyang) kita ini bukan dari Tapanuli Selatan. Kami dari Tulang (paman)nya Bobby bertanggung jawab memberikan marga. Karena secara adat, istri Bobby harusnya borunya (anak perempuan) Tulang. Ini kami anggap Mbak Kahiyang boru kita,” beber Abang Ibunya Bobby ini.

Dalam prosesinya, besok, rombongan Bobby-Kahiyang yang di dalamnya ada Kahanggi (teman semarga atau teman serumpun menurut golongan marga), juga keluarga dari Solo datang ke rumah Doli.

“Kita akan sambut. Kita sampaikan hasrat kita ingin memberikan marga ke Kahiyang Ayu. Jadi tentunya dari semua ini bahwa kami secara adat sudah berunding, baik raja adat, Kahanggi, anak boru, kami sepakat meberikan marga ke mempelai wanita,” jelasnya.

Seperti diketahui Kahiyang Ayu adalah putri Solo yang tentu tidak punya marga karena kita mengetahui pada etnik Jawa tidak dikenal adanya marga. Pada adat Mandailing apabila seorang mempelai wanita belum punya marga maka salah satu acara penting ialah pemberian marga kepada mempelai wanita.
Ada beberapa alasan pemberian marga, antara lain menjelaskan keturunan, perkawinan antar etnik, pengabdian dan jasa serta, penghormatan/penghargaan.

Alasan yang paling tepat pemberian marga untuk Kahiyang ialah karena perkawinan antar etnik.

“Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby. Inti acara pada kegiatan ini ialah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu,” jelas salah seorang Raja Adat yang ikut dalam acara ini, Pandapotan Nasution yang bergelar Patuan Kumala Pandapotan. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds