Naikan Peringkat, USU Fokus Tingkatkan Penelitian

USU

USU

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) terus berupaya menaikan peringkatnya pada level nasional di jajaran PTN/PTS. Karenanya, kampus yang masih terakreditasi B ini meningkatkan penelitian.

“Kemajuan suatu perguruan tinggi antara lain dilihat dari capaian hasil penelitian, produk inovasi dan banyaknya artikel dosen serta mahasiswa yang dimuat di jurnal internasional bereputasi. Oleh karena itu, hal tersebut ditetapkan sebagai prioritas program periode 2016-2021,” ungkap Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum saat menyampaikan pidatonya dalam acara wisuda di Medan, Senin (20/11/2017).

Menurut rektor, saat ini USU sudah berada pada peringkat 13 di jajaran PTN/PTS dalam hal jumlah artikel dosen/mahasiswa yang dimuat pada jurnal internasional bereputasi. Peringkat ini diyakini akan mengalami peningkatan pada masa-masa mendatang. Hal itu mengingat tahun ini USU melaksanakan 13 Konferensi Internasional.

“Dengan dukungan dana yang cukup besar, bidang-bidang tersebut (penelitian) mengalami peningkatan yang luar biasa. Untuk hasil penelitian, USU berhasil naik dari peringkat 51 pada Tahun 2016 menjadi peringkat 21 pada Tahun 2017, sebutnya.

Lebih jauh rektor mengatakan, di Jajaran PTN tanah air untuk produk inovasi dari 4 yang ditargetkan pada Tahun 2017, USU berhasil mencapai 13. Ini berarti lebih dari 300 persen terealisasi dari target, dan menempatkan USU pada peringkat ke-2 di jajaran PTN di Indonesia setelah ITS dengan capaian 15 produk inovasi.

“Jumlah inovasi yang telah terbit sertifikat patennya, juga terus mengalami peningkatan. Saat ini, USU telah memiliki 11 Paten dan ada 30 permohonan Paten lagi yang masih dalam proses pendaftaran ke Ditjen KI,” tandasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds