Tiga Pelaminan Adat Disiapkan untuk Ngunduh Mantu Bobby Nasution-Kahiyang Ayu

Salah satu pelaminan yang didekorasi Neneng untuk Ngunduh Mantu Bobby-Kahiyang.
Foto : nina/pojoksumut

Salah satu pelaminan yang didekorasi Neneng untuk Ngunduh Mantu Bobby-Kahiyang. Foto : nina/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Nuansa adat Mandailing sangat kental terasa di acara Ngunduh Mandu Bobby Nasution-Kahiyang di Medan. Keluarga Bobby benar-benar menuangkan semua ornamen adat dalam konsep pernikahan ini. Satu diantaranya, terlihat dari pelaminan yang akan diduduki kedua pempelai.
Pelaminan adat Mandailing ini didesain oleh Nurnaningsih (55), pemilik Istana Penganten, Jalan Setiabudi No 17 C Titi Bobrok Medan.

Neneng, biasa perempuan berdarah Aceh ini disapa, mengaku dibutuhkan 15 orang untuk mengerjakan pelaminan adat Mandailing tersebut, dan pengerjaan sudah dimulai sejak 15 November lalu.

Ada tiga pelaminan adat yang harus didekorasi Neneng dan timnya pada rangakaian acara adat Bobby-Kahiyang. Mulai dari acara Haroan Boru atau menyambut menantu, pemberian marga, hingga penabuhan gordang sembilan. “Kita semua yang mengerjakan untuk pelaminan adatnya. Untuk yang di dalam rumah, yang pemberian marga, sama untuk gordang sembilan yang di bawah tenda,” kata Neneng, Senin (20/11/2017).
Neneng mengungkapkan, pelaminan adat untuk Bobby dan Kahiyang murni pelaminan adat Mandailing tanpa modifikasi apapun. Dengan dominasi warna khas Mandailing merah dan hitam.
“Ini murni adat Mandailing, tidak ada tambahan apapun. Permintaan keluarga memang begitu, adat asli. Semua harus ada tabir. Banyak warna hitam dan merah, ada tambah putih sedikit,” jelasnya.
Menurut Neneng, selain pelaminan adat, seluruh rumah Bobby Nasution di Bukit Hijau Regency (BHR) Setiabudi Medan juga didekorasi dengan adat Mandailing. “Mulai dari garasi, ruang depan, ruang tengah, teras, semua didekor. Tapi untuk teras pakai rumbai-rumbai aja. Pokoknya untuk rumah kita yang dekor full adat Mandailing,” bebernya.

 

Neneng menunjukkan salah satu bahan kain untuk pelaminan adat Mandailing.
Foto : nina/pojoksumut

Dikatakan Neneng, meski memiliki seluruh peralatan lengkap untuk pesta adat Mandailing, namun ia hanya diminta mendekorasi pelaminan adat pada acara ngunduh mantu Kahiyang-Bobby ini. Untuk dekorasi resepsi dan dan pakaian pengantin serta keluarga, sudah ditangani pihak lain.
Neneng menceritakan pesanan mendekorasi pelaminan datang langsung Ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.



loading...

Feeds