Cegah Kecelakaan di Kalangan Pelajar, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Tanjungbalai

Foto : Taufik/Pojoksumut

Foto : Taufik/Pojoksumut

POJOKSUMUT.com, POLRES Tanjungbalai melalui Satuan Lalu lintas melaksanakan sosialisasi keselamatan dan etika berlalu lintas pengguna Jalan di Aula SMAN 1 Kota Tanjungbalai, Selasa (21/11/2017).

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama dilakukan dan akan terus dilaksanakan.

Dalam kegiatan hadir tiga orang narasumber yang berasal dari Personil Satlantas Polres Kota Tanjungbalai yakni Ipda Khairul Bahar Kanit Dikyasa (Pendidikan dan Rekayasa), Ipda Ridwan Nasution selaku Kanit Turjawali (Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli), dan Ipda Bugis Ginting selaku Kanit Laka Lantas.

Dalam sosialisasi tersebut para narasumber membahas etika berlalu lintas untuk meminimalisir angka korban meninggal dunia akibat di jalanan.

Apalagi, banyak kasus kecelakaan lalu lintas dialami para remaja. Ini juga sebabnya sosialisasi dilakukan di tingkatan sekolah.

“Perlu diketahui bahwa kecelakaan lalulintas menempati peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia, setiap tahun sekitar 36.000 jiwa atau 99 nyawa manusia setiap hari melayang sia-sia akibat kecelakaan Lalu lintas,” ujar Ipda Khairul Bahar.

“Jadi kewajiban pengemudi saat berkendaraan harus sesuai dengan Pasal 106 UULAJ NO 22/2009 dan Pasal 107 UULAJ NO 22/2009. Yang perlu diterapkan dan dipelajari di sekolah-sekolah, karena rawan terhadap pelanggaran Lalu lintas,” lanjutnya.

Dia mengungkapkan intinya sosialisasi tersebut agar mampu mengajak siswa-siswi tingkat SMA dan SMK di seluruh Kota Tanjungbalai agar mampu melaksanakan atau mematuhi Undang-undang dan Peraturan-peraturan lalu lintas.

“Dan mampu menyampaikan kepada rekan dan teman-teman sekolah yang tidak mengikuti acara sosialisasi hari ini,” jelasnya. (CR-2/pojoksumut)



loading...

Feeds