Akses Internet Saat Ngunduh Mantu Bobby-Kahiyang Diprediksi Naik 200 Persen

General Manager ICT Operation Sumbagut Yogi Rizkian Bahar  saat memberikan keterangan pers, Rabu (22/11/2017).
Foto : nin/pojoksumut

General Manager ICT Operation Sumbagut Yogi Rizkian Bahar saat memberikan keterangan pers, Rabu (22/11/2017). Foto : nin/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Perhelatan Ngunduh Mantu Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu mulai 24-26 November 2017 bakal menyita perhatian publik Medan.

Oleh karenanya, acara akbar ini diprediksi akan mempengaruhi akses internet hingga 200 persen.

General Manager ICT Operation Sumbagut Yogi Rizkian Bahar mengungkapkan, untuk mengantisipasi melonjaknya trafik pada acara akbar tersebut, pihaknya melakukan optimalisasi jaringan di seluruh area kegiatan, antara lain dengan menempatkan Compact Mobile Base Station (COMBAT) 26/36/46 di Main Hall.

Selain itu, penambahan BTS dan peningkatan kapasitas BTS 46 di kawasan Bukit Hijau Regency yang mampu menampung lonjakan trafik hingga 360% dari kondisi normal atau setara dengan 15.000 pelanggan yang menggunakan layanan seluler secara serentak.

Yogi menjelaskan, optimalisasi dilakukan hingga 100 persen sejak dari Bandara Internasional Kualanamu, hotel-hotel tempat menginap para tamu, hingga lokasi acara dan jalan-jalan di sekitarnya, mengingat antusiasme masyarakat untuk acara tersebut sangat tinggi. Terutama di acara puncak, 26 November mendatang.

Menurutnya, dengan peningkatan ini, pelanggan akan tetap dapat menikmati akses layanan data dengan cepat dan nyaman meski di sekitar lokasi kegiatan dipadati oleh pengguna seluler.

“Jadi, pada saat bersamaan 15 ribu orang bisa nelpon dan menggunakan data. Ketika mengambil foto kemudian dia share di instagram, facebook dan media sosial lainnya, itu gak ada masalah,” ujar Yogi di Medan, Rabu (22/11/2017).

Dia menuturkan, peningkatan penggunaan trafik telekomunikasi sudah mulai terlihat sejak Senin (20/11/2017) yakni sekitar 20 persen. “Hari Minggu nanti puncaknya, yang paling besar, baik penggunaan voice maupun data,” jelasnya

Oleh kaerena itu, Telkomsel juga menyiagakan Mobile Backup Power (MBP) untuk mengantisipasi jika terjadi putusnya catuan daya listrik ke BTS di sekitar kegiatan. MBP tersebut ditempatkan pada setiap site yang mengcover acara ini terutama dilokasi COMBAT, sehingga bila terjadi permasalahan terkait catuan daya listrik, maka MBP siap menggantikannya. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds