Para Raja Adat Manortor Hingga Sabtu Pagi

Gapura sudah dipasang di kediaman Bobby Nasution. 
Foto : nin/pojoksumut

Gapura sudah dipasang di kediaman Bobby Nasution. Foto : nin/pojoksumut

POJOKSUMUT. com,  MEDAN-Acara adat dalam rangkaian Ngunduh Mantu Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu di Medan dimulai dengan pemotongan kerbau pada Jumat (24/11/2017) pagi.

 

Ketua Panitia Acara Ngunduh Mantu, Harry Lontung Siregar menjelaskan penyembelihan kerbau dimulai pada pukul 06.00 WIB untuk memulai acara adat di Bukit Hijau Regency (BHR), Setiabudi.

 

Secara simbolik, seekor kerbau akan disembelih, kemudian bagian kepala akan digunakan dan diletakkan di pintu masuk rumah.

 

“Ini semacam dukungan dari raja untuk acara adat ini. Seperti kita ketahui, kerbau adalah simbol adat tertinggi. Kalau di Solo itu semacam beleketepe,” ujarnya.

 

Kepala kerbau ini, lanjutnya bermakna lambang kebesaran adat.

 

Berapa jumlah kerbau, Lontung belum bisa memastikan. “Kita belum tahu, tapi secara simbolik yang dipotong satu,” jelasnya.

 

Setelah pemotongan kerbau dilanjutkan dengan suhut (tuan rumah) menari Tor-Tor yang pertama lalu berlangsung Mangolo Mora sekira pukul 10.00-12.00 WIB.

Kemudian pada pukul 16.00-18.00 WIB diisi dengan acara martupak yang dilakukan oleh semua suku yang ada di Sumatera Utara.

 

“Semua raja-raja dari multietnik akan hadir dalam rangka ikut mendukung, mendoakan dan membesarkan keluarga ini, ” ungkapnya.

 

Kemudian akan dilanjutkan dengan sidang adat (marhalolo) semua raja secara paralel hingga makan malam dan margalanggang manortor seluruh raja yang ada.

 

Sesi ini cukup panjang karena berlangsung sampai Sabtu (25/11/2017) pagi.

 

Setelah itu, baik Bobby dan Kahiyang aman dibawa ke Tapian Raya atau tepu sungai (buatan) diibaratkan melepas masa lajang lalu keduanya akan diupah-upah.

 

 

 

“Diharapkan Presiden akan hadir di acara ini, setelah itu manortor dan mengulosi putra dan putrinya yang bermakna memberi restu, mengobati, menyelimuti untuk kebahagiaan kedua mempelai di masa depan. Setelah itu, Pak Jokowi akan menari Tor-Tor bersama pengantin, ” urainya.

 

Acara ini diagendakan dimulai pukul 09.00-13.00 WIB. “Setelah itu semua acara adat selesai, baru kita siapkan resepsi untuk tanggal 26 November, ” tukasnya. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds