Arsenal Kalah, Untunglah Tetap Lolos

 Arsenal yang tampil dengan sebagian besar pemain lapis kedua harus menelan kekalahan di kandang FC Koeln. (Twitter @LigaEuropa)

Arsenal yang tampil dengan sebagian besar pemain lapis kedua harus menelan kekalahan di kandang FC Koeln. (Twitter @LigaEuropa)

 

POJOKSUMUT.com, Arsenal gagal mempertahankan tren tanpa kalah di fase grup Liga Europa 2017-2018. Pada matchday 5, Arsenal menelan kekalahan 0-1 di RheinEnergieSTADION, kandang FC Koeln, Jumat (25/11) dini hari WIB.

Meski begitu, The Gunners justru memastikan langkah ke babak 32 besar sebagai pemuncak klasemen alias juara grup H.

Arsenal yang sudah memastikan lolos dari fase grup memang tak bermain ngotot. Buktinya, Manajer Arsene Wenger memilih skuad lapis kedua sebagai amunisi di laga ini.

Tak ada nama Mesut Oezil, Alexandre Lacazette, Granit Xhaka, Laurent Koscielny, hingga Alexis Sanchez di susunan pemain inti The Gunners.

Meski begitu, Arsenal mampu langsung menggebrak sejak awal laga lewat Mohamed Elneny. Pemain asal Mesir tersebut mencoba peruntungan melalui tembakannya, tapi masih bisa dimentahkan oleh kiper Timo Horn.

Empat menit berselang, giliran Koeln gantian menyerang lewat tendangan Jhon Cordoba yang berhasil ditepis kiper kedua Arsenal, David Ospina.

Francis Coquelin hampir membawa The Gunners unggul di menit ke-30. Percobaannya mengangkat bola melewati Horn masih gagal berbuah gol karena membentur tiang gawang.

Sementara itu, Koeln coba melancarkan serangan balik dengan mengandalkan kecepatan Sherou Guirassy yang beberapa kali mengacak-acak lini pertahanan tim tamu. Hingga turun minum, skor kacamata bertahan.

Pada babak kedua, aksi Guirassy semakin merepotkan para pemain belakang Arsenal. Pada menit ke-60, dia nyaris membawa Koeln unggul setelah bekerja sama dengan Milos Jojic. Akan tetapi, upaya Guirassy bisa digagalkan Ospina.

Perjuangan pemain muda Prancis tersebut baru membuahkan hasil dua menit berselang. Kecepatan pemuda berusa 21 tahun itu memaksa Coquelin menjatuhkannya di dalam kotak terlarang yang berujung hadiah penalti dari wasit. Guirassy yang bertindak sebagai algojo sukses menaklukan Ospina dan membawa Koeln unggul.

Tertinggal satu gol, tim tamu mencoba bangkit menyerang. Bola tendangan Jack Wilshere pada menit ke-66 masih bisa diamankan oleh Horn.

Kesialan Arsenal terus belanjut sampai wasit asal Rusia, Vladislav Bezborodov meniup peluit panjang berakhirnya pertandingan

Tidak ada gol tambahan yang dicetak dari kedua tim sampai laga tuntas. Berkat hasil ini, Koeln masih menjaga asa untuk lolos dari fase grup dengan menempati peringkat kedua.

Koeln akan menentukan nasib ke babak 32 besar saat berhadapan dengan peringkat ketiga yang sama-sama mengoleksi poin 6, Crvena Zvezda, pada matchday 6.

Sementara itu, Arsenal justru memastikan status sebagai juara grup H karena pada laga lain, Crvena Zvezda hanya bisa bermain imbang 0-0 di kandang BATE Borisov.

BATE yang mengoleksi poin 5 pun masih punya peluang lolos andai bisa meang di kandang Arsenal pada laga terakhir dan berharap dua rivalnya bermain imbang.

SUSUNAN PEMAIN



loading...

Feeds