Sulitkah Manortor Mbak Kahiyang? Begini Jawabannnya

Kahiyang saat manortor. Foto : Tim Media Center

Kahiyang saat manortor. Foto : Tim Media Center

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Rangkaian adat Mandailing harus dilakukan Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu selama Ngunduh Mantu di rumah mertuanya di Bukit Hijau Regency (BHH), Setiabudi.

Tidak hanya hari ini (24/11/2017), dan besok (25/11/2017) di BHR yang sudah dimulai sejak pukul 06.00 WIB tadi, Kahiyang sejatinya sudah mengikuti prosesi adat sejak Minggu (19/11/2017). Yaitu, dalam acara Haroan Boru (menginjakkan kaki ke rumah mertua) juga Selasa (21/11/2017) dalam penabalan Boru Siregar Kediaman Doli Sinomba Siregar, Pamannya Bobby di Jalan STM, Medan Johor.
Kahiyang sendiri sudah manortor (melakukan tarian Tor-Tor) dalam penabalan marga, dan dia tampak luwes saat itu.

Ternyata itu tidak didapatkannya perempuan kelahiran Solom 20 April 1991 tersebut secara ododidak.

Ibu Bobby atau mertua Kahiyang, Ade Hanifah Siregar mmenyebutkan mendatangkan guru khusus untuk mengajarkan Kahiyang Manortor.

“Susah-susah gampang. Soalnya harus mengepas (gerakan) dengan musik sama irama. Harus bisa ngepasin,” komentar Kahiyang dalam sesi wawancara dengan Tim Media Center, Kamis (24/11/2017).

Kahiyang menambahkan untuk proses lainnya selama acara adat dipelajari seiring waktu. “Sama-sama belajar mengenal adat masing-masing. Paling khusus itu nari (Tor-Tor) itu yang harus belajar (khusus),” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan Bobby? Kesulitankah saat menjalani proses adat Jawa selama di Solo?

Pria kelahiran 5 Juli 1991 ini mengaku tak kesulitan. Sebab dia dibantu Abang Kahiyang selama di Solo.

“Yang di Solo sudah disiapkan dari Mas Gibran, kita keluarga dari Medan tinggal ngikuti, apa-apa saja rangkaian acara di Solo,” ungkapnya. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds