Bobby Nasution-Kahiyang Ayu Diberi Gelar Kehormatan, Ini Nama Lengkapnya

Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana juga Bobby dan Kahiyang memberikan keterangan pers  usai menjalani semua rangkaian pesta adat, Sabtu (25/11/2017) di BHR. 
Foto : nin/pojoksumut

Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana juga Bobby dan Kahiyang memberikan keterangan pers usai menjalani semua rangkaian pesta adat, Sabtu (25/11/2017) di BHR. Foto : nin/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pekikan kata horas tandai penutupan rangkaian puncak pesta adat atau Mata Ni Horja pasangan pengantin Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu, Sabtu (25/11/2017) di Bukit Hijau Regency (BHR) Kompleks Taman Setia Budi Indah I.

Bertindak sebagai pelaksana dari acara ini adalah pargondang atau orang-orang yang membunyikan gondang. Raja Pasununan, Patuan Kumala Pandapotan sebagai pemimpin upacara adat Mata Ni Horja secara resmi menutup rangkaian acara dengan mengucapkan: Horas! Horas! Horas!

Dari rangkaian acara adat yang cukup banyak, satu diantaranya pemberian gelar kehormatan untuk Bobby dan Kahiyang.

Bobby bergelar Sutan Porang Gunung Barining Naposo, dan Kahiyang bergelar Namora Pinayongan Kasayangan. Menurut silsilah Mandailing, Bobby merupakan raja generasi ke tujuh keturunan Raja Gunung Baringin Naposo dari Mandailing Natal (Madina).

Bagi Kahiyang Ayu sebelum bergelar Namora Pinayongan Kasayangan, putri Presiden RI Joko Widodo ini telah resmi menyandang Boru Siregar yang ditabalkan sejak 21 November 2017 di Rumah Doli Sinomba Siregar, Paman Bobby.

“Begitu menyandang gelar sebagai orang yang berumah tangga. Nama kecil tidak boleh dipanggil lagi. Semoga kalian berdua menjaga nama baik ini,” kata Afifudin Lubis bergelar Mangaraja Ihutan Soripada sambil melemparkan beras kuning kepada Kahiyang dan Bobby dan disambut teriakan Horas diiringi tabuhan gordang sembilan.

Acara ni digelar di tenda seluas 20 x 70 meter yang berdiri di samping rumah orang tua Bobby.

Selanjutnya, Kahiyang bersama suaminya, Bobby Nasution, akan menjalankan resepsi pernikahan berkonsep nasional di lokasi yang sama, Minggu (26/11/2017).

Ini dimeriahkan dengan prosesi kirab kereta kencana yang membawa rombongan keluarga Presiden Joko Widodo.

Ini merupakan permintaan Keluarga Bobby Nasution dengan harapan kirab kereta yang digelar mulai pukul 08.00-09.00 akan memberikan hiburan bagi masyarakat Medan, yang tidak bisa merasakan langsung atmosfer kirab di Solo Jawa Tengah. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds