Medan dan Kota-kota Ini Diprediksi Hujan, Awas Banjir

Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Balai Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi Kota Medan akan dilanda hujan beberapa hari ke depan.

Oleh sebab itu, masyarakat pun perlu mewaspadai terjadinya banjir.

“Hingga beberapa hari ke depan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.”

“Namun, hujan kali ini diprediksi tidak disertai petir atau kilat,” ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Selasa (28/11).

Ia mengungkapkan, secara umum potensi hujan di Medan memang masih tinggi. Hujan yang akan terjadi pada pagi, siang, sore, malam dan dini hari.

“Hujan diperkirakan dengan suhu 23-31 derajat celcius dan kelembapan 70-95 persen. Untuk kecepatan angin mencapai 20 km per jam,” tutur Syahnan.

Dia menyebutkan, tak hanya Medan, hujan juga melanda di seluruh wilayah Sumut. Kondisi ini disebabkan adanya gangguan cuaca di Laut Samudera Hindia Barat Sumatera dan Cina Selatan, sehingga membentuk belokan angin di Sumut. Oleh karenanya, meningkatkan pertumbuhan awan-awan konvektif.

“Hujan yang akan terjadi di luar Medan daerah Sumut berpotensi disertai kilat atau petir. Beberapa daerah itu di antaranya, Stabat, Kisaran, Rantau Prapat, Lima Puluh, Tanjung Balai, Binjai, Kota Pinang dan Aek Kanopan,” pungkasnya.
(fir/sdf)



loading...

Feeds