Komisi D DPRD Minta Pemko Medan Sediakan Mobil Damkar yang Canggih

Rapat dengar pendapat  Komisi D DPRD Medan dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan,  Rabu (29/11/2017).
Foto : Rizka Septia/pojoksumut

Rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Medan dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan, Rabu (29/11/2017). Foto : Rizka Septia/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Ketua Komisi D DPRD Kota Medan, Parlaungan Simangunsong berharap pemerintah Kota Medan mampu menyediakan mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang lebih modern dan canggih.


Dikarenakan sampai saat ini masih banyak ditemukan mobil kenderaan pemadam kebakaran yang kondisinya sudah tua dan ketinggalan.


“Jika tidak ada kenderaan Damkar milik Pemko Medan yang modern, maka akan sulit melakukan eksekusi pemadaman jika terjadi kebakaran pada gedung-gedung tinggi dan gedung yang lokasinya sangat sulit dan berbahaya dijangkau,” ujar Parlaungan Simangunsong ketika melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas P2K Kota Medan untuk membahas evaluasi kinerja tahun 2017, Rabu,(29/11/2017) di ruang Komisi D DPRD Kota Medan.


Politisi dari Partai Demokrat Kota Medan ini juga mempertanyakan kesiapan para petugas pemadam kebakaran dalam memberikan pelayanan kepada korban kebakaran.



Sementara itu, Paul MA Simanjuntak dari Fraksi PDI Perjuangan meminta agar Kepala Dinas P2K Kota Medan, Marihot Tampubolon untuk menyiapkan kenderaan pemadam kebakaran di sertiap kecamatan.

“Kita sudah lama mengusulkan agar Pemko Medan melalui P2K menyediakan satu unit kenderaan pemadam kebakaran di setiap kantor Kecamatan, hal ini untuk menghindari kebakaran yang lebih besar,” ungkapnya.



Paul juga meminta penjelasan kepada Kadis P2K tentang jumlah armada kenderaan pemadam kebakaran yang  sudah ada tersedia dan yang masih dibutuhkan.


Sementara itu, Maruli Tua Tarigan, dari Fraksi Partai Bernas, berharap Dinas P2K sudah memiliki kenderaan pemadam kebakaran yang canggih, mengingat kebutuhan untuk saat ini.

“Kita ketahui, ke depan, di perkotaan akan banyak bangunan gedung vertikal, dan tidak akan ada lagi bangunan rumah tinggal, sehingga kita butuh mobil pemadam kebakaran yang memiliki fasilitas canggih dengan teknologi yang modern,” ujar Maruli.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Medan, Marihot Tampubolon, mengatakan, Tahun 2017, Pemko Medan sudah ada pengadaan untuk kenderaan mobil dinas kebakaran sebanyak tiga unit.


“Tahun ini, Pemko Medan sudah ada membeli tiga unit mobil pemadam kebakaran yang baru seharga total Rp3 miliar, mobil sudah sampai namun belum ada pembayaran. Inilah yang sedang diupayakan,” ujarnya.


Tampubolon juga merinci bahwa untuk tahun ini Dinas P2K Kota Medan diberi target retribusi sebesar Rp2.250 miliar dari target tahun sebelumnya yakni Rp1,540 miliar/tahun. (CR-2/pojoksumut)



loading...

Feeds