USU Bangun Kawasan Industri di Kwala Bekala

USU

USU


POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) tengah membangun kawasan industri di Kampus Kwala Bekala, Medan Johor. Dibangunnya kawasan industri tersebut, sebagai upaya meningkatkan kompetensi lulusan.



Rektor USU Prof Runtung Sitepu menyebutkan, di kampus tersebut nantinya didirikan Saint Techno Park (STP) di atas lahan seluas 40 hektar. Kini, pihaknya telah menyusun proposal dan sudah dipresentasikan di Bappenas.



“STP merupakan kawasan industri milik badan usaha USU, yang sekaligus tempat praktek para mahasiswa. Dengan begitu, lulusan USU nantinya memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dan siap pakai,” ujar rektor belum lama ini.



Lebih lanjut rektor mengatakan, dalam upaya merealisasi Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) Tahun 2017 tentang Badan Usaha USU, saat ini tim sedang bekerja menyusun Draft Anggaran Dasar. Di mana, jika tidak ada halangan pada tahun depan akan didirikan beberapa unit usaha yang dikelola oleh PT Holding Company USU.



“Dalam upaya pengembangan USU untuk memaksimalkan pemanfaatan aset demi kemajuan universitas, pada 14 November 2017 lalu bersama gubernur Sumut telah melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Embung di Kampus Bekala. Dengan dana Rp10 miliar dari APBD Pemprovsu, direncanakan pembangunannya selesai pada Maret 2018,” ungkap rektor.



Dia melanjutkan, embung ini diharapkan dapat membentuk danau kecil seluas 14 hektar, yang memiliki multi fungsi.

 

Di antaranya, sebagai fasilitas utama untuk mewujudkan impian menjadikan Kampus Bekala sebagai agrowisata, tanpa merubah master plan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Di samping itu, berfungsi sebagai cadangan air dan mengurangi dampak banjir. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds