Ternyata Pak Bondan Maknyus Selalu Bayar Makanan yang Diliputnya…

Pak Bondan dan istrinya semasa hidup

Pak Bondan dan istrinya semasa hidup

 

POJOKSUMUT.com, Bondan Winarno meninggal dunia. Dia mengakrabi dunia kuliner, dipicu keresahan dengan invasi restoran cepat saji internasional.

Dedikasinya terhadap detail dan kejelian reportase tetap terbawa meski ’’hanya’’ menyajikan review makanan. Sang maestro kini tutup usia.

TAUFIQURRAHMAN, Bogor

SETIAP warung yang di dindingnya terpajang foto Bondan memiliki kebanggaan tersendiri. Ibarat hotel, sudah punya sertifikat.

Ya, selama beberapa tahun Bondan berkeliling kota-kota di Nusantara, masuk keluar warung.

Kalau masakannya dirasa khas dan maknyus, segera dimasukkan TV. ’’Tapi, sehabis makan, beliau selalu bayar,’’ ungkap Harry Nazaruddin, kawan dekat Bondan, di sela-sela melayat di kediaman Bondan di Perumahan Sentul City, Bogor, kemarin (29/11).

Memang, beberapa warung enggan memungut bayaran. Kedatangan Bondan dan kru TV Wisata Kuliner saja sudah cukup membuat mereka bahagia. Namun, Bondan selalu keukeuh untuk membayar.

Bahkan, untuk memastikan makanan di restoran sasaran Wisata Kuliner terbayar lunas, Bondan harus menggunakan siasat tertentu.

Mula-mula, mobil rombongan kru diparkir dekat warung. Beberapa kru dengan muka tidak terkenal lantas turun, kemudian duduk di warung dan memesan makanan.

Mereka pun membayar makanan yang sudah dibeli. Setelah itu, baru Bondan muncul tiba-tiba dengan beberapa kamera.

Memunculkan adegan pemilik warung histeris dan kegirangan seperti yang selama ini akrab tampil di layar kaca.

’’Kalau aku yang turun duluan, bisa-bisa mereka nggak mau dibayar,’’ ujar Harry menirukan perkataan Bondan kepada kru.

Awalnya, pada 2003, Bondan, Harry, dan kawan-kawan membentuk semacam grup mailing list (milis) untuk saling berbagi ide tentang kuliner di daerah masing-masing. Grup itu bernama Jalansutra. Terinspirasi kolom-kolom tulisan Bondan di Suara Pembaruan pada dekade 1990-an.

Saat itu mereka berbagi keresahan yang sama. Invasi makanan branded dari jaringan restoran cepat saji internasional ke Indonesia.



loading...

Feeds