Peringatan Hdi di Tanjungbalai, Wali Kota Jalan Santai Bersama Penyandang Disabilitas


POJOKSUMUT. com,  WALI KOTA Tanjungbalai H M Syahrial  bersama Penyandang Disabilitas melakukan jalan santai bersama sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2017 di Kota Tanjungbalai, Jumat (1/12/2017).

Seluruh rombongan bergerak dari depan Rumah Dinas Wali Kota dan finis di TK Dharma Wanita Tanjungbalai yang menjadi lokasi puncak acara.

Tahun ini, Puncak HDI secara Nasional dilaksanakan di Yogjakarta sebagai kota budaya dan seni yang kaya akan kreativitas.

Kota ini juga yang mempelopori terbitnya peraturan daerah tentang disabilitas yang mana pelaksanaannya pada tanggal 3 Desember dengan Tema HDI kali ini ” Menuju Masyarakat Inklusi, Tangguh dan Berkelanjutan ” yang mengacu pada Tema Internasional “Transformation towards Sustainablend resilient society for All”.

H M Syahrial sangat mengapresiasi kegiatan ini.  “Saya sangat senang dapat hadir dan mengawali aktivitas pagi ini dengan anak-anak difabel/berkebutuhan khusus. Mereka semua yang hadir saat ini adalah saudara kita, kepedulian dan kasih sayang dari kita semua merupakan motivasi bagi mereka dalam terus menjalani kehidupan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Syahrial membacakan sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa bahwasanya dalam mendukung implementasi peran dan tanggungjawab terhadap Penyandang Disabilitas yakni penyediaan aksesibilitas yang memungkinkan optimalisasi kompetensi yang dimiliki oleh Penyandang Disabilitas. Penyediaan Aksesibilitas yang memadai menjadi tanggungjawab pemerintah dan masyarakat dalam upaya inklusifitas Penyandang Disabilitas.

Konsep inklusifitas adalah sebuah pendekatan untuk membangun dan mengembangkan lingkungan yang semakin terbuka, mengikut sertakan semua orang dengan berbagai perbedaan latar belakang masyarakat.

Dalam mendorong Penyandang Disabilitas benar-benar Inklusi, perlu dukungan dari berbagai pihak lintas sektor baik pemerintah, swasta maupun masyarakat sebagai upaya dalam mendukung terwujudnya hak bagi Penyandang Disabilitas.

Syahrial juga menyampaikan peringatan HDI tahun ini merupakan kegiatan kampanye sosial yang komprehensif untuk menggugah kepedulian seluruh masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Inklusi.

Pada peringatan HDI tahun ini, Pemko Tanjungbalai menyerahkan bantuan kursi roda kepada 15 orang dan hadiah bagi para pemenang lomba mewarnai anak disabilitas yang diikuti 115 peserta.

Forum Komunikasi Keluarga Dengan Anak Kecacatan (FK-DKAC) bersama Dinas Sosial Kota Tanjungbalai yang menjadi “motor” penggerak peduli anak disabilitas dan menggagas peringatan Hari Disabilitas Internasional sehingga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Acara yang juga dihadiri Forkopimda Tanjungbalai, diantaranya Anggota DPRD H Taufik, Ketua Pengadilan Agama , Plt Kadis Sosial M Idris, OPD di lingkungan Pemko Tanjungbalai, Ketua FK-DKAC Agus Salim Hutagalung serta Tokoh Masyarakat. (CR-1/pojoksumut)



loading...

Feeds