Hari Ini, Sidimpuan Diguncang Dua Kali Gempa Bumi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali dilanda gempa bumi tektonik, Senin (4/12/2017). Kali ini, menimpah wilayah Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dini hari tadi.

 

Menurut data Balai Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, gempa yang terjadi sebanyak dua kali. Pertama, terjadi sekira pukul 00.01 WIB.

 

Dengan kekuatan 3 skala ritcher, gempa terjadi pada titik koordinat episenter 1,17 Lintang Utara (LU) dan 99,33 Bujur Timur (BT). Atau, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah Tenggara Padang Sidempuan pada kedalaman 10 km.

 

Gempabumi berikutnya terjadi pukul 00.06 WIB dengan parameter berkekuatan yang sama, pada koordinat episenter 1.70 LU dan 99.35 BT. Untuk jaraknya 15 km Timur Laut Tapanuli Selatan.

 

“Kedua sumber gempa bumi berada pada kedalaman hiposenter 10 km,” ujar Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan melalui pesan WhatsApps.

 

Disebutkannya, dampak gempa bumi yang didasarkan kepada laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Padang Sidempuan mengalami goyangan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau I-II MMI.

 

“Gempabumi ini hanya tercatat oleh alat dan hanya beberapa orang saja yang merasakannya,” sebut Edison.

 

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

 

“Berdasarkan karakteristik sinyal gempa bumi menunjukkan, jenis gempa bumi tektonik yang diduga akibat aktivitas sesar lokal dekat zona sesar sumatera,” tuturnya.

 

Ia menambahkan, hingga pukul 01.20 WIB hasil monitoring BBMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

 

“Kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

RSU Royal Prima Tambah Gedung Baru

Dipaparkannya, tercatat sedikitnya ada 59 rumah sakit umum dan 19 rumah sakit khusus, baik swasta maupun pemerintah yang telah berdiri …