Wonderful Extravaganza 2017 Akpar Medan, Uji Kemampuan dan Daya Saing Kaum Muda

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Akademi Pariwisata (Akpar) Medan menggelar event Wonderful Extravaganza 2017 di kampus Jalan Rumah Sakit Haji baru-baru ini.

Acara yang digelar selama dua hari ini (4-5 Desember), merupakan even  tahunan yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan dan daya saing kaum muda mahasiswa Akpar Medan hingga pelajar, komunitas dan tenaga profesi.

Direktur Akpar Medan Drs Alexander Reyaan MM melalui Ketua Panitia, Muhammad Hamdani Kamis (7/12/2017) mengatakan, event tersebut adalah kegiatan yang berisi beragam perlombaan dan demo/expo. Pada tahun ini, topik kegiatan sengaja diberi nama ‘Wonderful Extravaganza 2017’ lantaran sebagai upaya kampanye linier dengan program branding pariwisata ‘Wonderful Indonesia’ yang digagas Kementerian Pariwisata.

Adapun tema yang diusung adalah ‘FUNtastic Creativities In Diversity’, yang menggambarkan kreativitas dan kebersamaan dalam perbedaan merupakan nilai yang ingin dieksplor lebih jauh melalui beragam kegiatan yang disajikan.

“Ada dua kategori utama pada Wonderful Extravaganza 2017 ini, yaitu perlombaan dan demo/expo. Kategori perlombaan terdiri atas 15 mata lomba seperti band competition dan mini soccer yang terbuka umum. Kemudian, perlombaan program studi yang mengacu pada kompetensi vokasional pariwisata khusus antara lain designing hotel form competition, tour package competition, North Sumatera tourism poster competition, creative tourism video competition, mini tumpeng display competition, fruits and vegetables carving competition, modern Indonesian dessert plated display competition, making bed competition, bed decoration competition, waiter race competition, barista-manual brew V60 competition, bartending competition, and creative table set-up,” ungkap Muhammad Hamdani.

Dia melanjutkan, untuk kategori demo/expo, Akpar Medan mengundang komunitas seni yang sedang digandrungi kawula mula dari beragam latar belakang yaitu Komunitas Doodle Art Medan. Komunitas ini hadir untuk berbagi informasi mengenai kegiatan mereka dan demo budoser (buat doodle serempak) bersama mahasiswa/i Akpar Medan.

Selain itu, turut hadir juga Hardhiansyah, seorang seniman face painting yang diundang untuk mengajarkan teknik face painting. Mulai dari bagaimana meracik pewarna yang aman bagi kulit wajah hingga teknik melukis objek dan ilusi di wajah.

“Event Wonderful Extravaganza ini tercatat diikuti oleh 804 peserta dan dikunjungi oleh ratusan alumni, guru pendamping, anggota komunitas lainnya dan masyarakat umum yang berasal dari wilayah Sumatera Utara hingga Aceh. Jumlah pengunjung memuncak pada acara penutupan yang menghadirkan Deo Band sebagai band tamu,” sebut Hamdani.

Ia mengaku, event ini dinilai sukses bahkan melewati ekspektasi. Sebab, mayoritas pengunjung adalah dari kalangan pelajar SMA/SMK yang notabene sedang menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) ternyata tetap antusias untuk berpartisipasi. Panitia pun sudah berusaha keras mengakomodir agar beberapa perlombaan dimulai di siang hari, sehingga tidak mengorbankan kepentingan akademik peserta.

“Kedepannya, event extravaganza ini diharapkan dapat menghadirkan lebih banyak mata lomba vokasional dan umum. Event ini juga diharapkan dapat menjangkau peserta dari beragam lokasi, sehingga pertandingan yang ada terasa lebih kompetitif dan menantang,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds