Ciptakan Kompor dari Bahan Limbah, Mahasiswa Pertanian UISU Juara II PIMPI 2017

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) berhasil meraih Juara II, dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) yang berlangsung di Universitas Islam Riau (UIR) belum lama ini.

Juara yang diraih pada ajang nasional tersebut, dalam kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dengan membuat kompor dari sejumlah bahan limbah. Sedangkan Juara I diraih mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).

Gubernur Mahasiswa Fakultas Pertanian UISU, Muhammad Reza Andhika mengatakan, banyak bahan-bahan limbah yang berpotensi untuk digunakan menjadi bahan bakar. Maka dari itu, digunakan kaleng bekas untuk pembuatan kompor yang diberi nama ‘Komandan Kudu Abu’.

“Komandan Kudu Abu adalah singkatan dari kompor aman, nyaman kulit durian dan ampas tebu. Proses pembuatannya menggunakan limbah ampas tebu, kulit durian dan sampah plastik sebagai bahan baku dari pembuatan briket dengan menggunakan pelekat dari tepung tapioka/kanji. Kemudian, proses selanjutnya dicetak dengan menggunakan pipa paralon dan dijemur selama 3 sampai 5 hari,” papar Reza didampingi mahasiswa pertanian lainnya, Fajrul Citra Muharry, Dendy Pratama Sinaga dan Cholidi Wita Bayu, Minggu (10/12/2017).

Dia menuturkan, dalam kompetisi itu lebih dari 17 perguruan tinggi swasta se-Indonesia mengikutinya. Seperti, Universitas Andalas, Instiper, IPB dan kampus lainnya.

Sementara itu, Kepala Humas Biro Rektor UISU Zakaria Siregar mengatakan, prestasi mahasiswa Pertanian UISU yang diraih merupakan yang terbaik. Tentunya, dapat mengangkat nama UISU sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara.

“Kita berharap banyak prestasi mahasiswa baik dalam event nasional maupun internasional,” tuturnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds