Penuhi Kebutuhan Natal dan Tahun Baru, BI Sumut Siapkan Rp1,27 Triliun

Uang

Uang

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) telah menyiapkan uang baru senilai Rp1,27 triliun. Uang tersebut disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kepala BI Sumut Arief Budi Santoso melalui Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern, Hilman Tisnawan mengatakan, penyaluran uang pecahan baru sudah mulai disalurkan sejak awal Desember 2017 hingga awal Januari 2018 mendatang.

“Masyarakat sudah bisa menukarkan melalui perbankan yang sudah kita instruksikan untuk melayaninya. Kita juga menyiapkan mobil kas keliling jika nantinya dibutuhkan,” ujar Hilman di Medan, Senin (11/12/2017).

Diutarakannya, jumlah penyaluran uang baru untuk perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini memang lebih kecil dibandingkan tahun lalu. Namun begitu, penurunan bukan terjadi karena minimnya permintaan, melainkan karena bertambahnya kantor kas Bank Indonesia yang melayani penukaran uang di Sumatera Utara.

“Tahun lalu mencapai Rp1,3 triliun, jadi turun sedikit untuk tahun ini. Akan tetapi, ini karena ada penambaham kantor kas kita, yakni di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Karo,” katanya.

Ia menyebutkan, uang baru yang disalurkan terdiri dari uang pecahan besar Rp100.000 dan Rp50.000. Kemudian, pecahan kecil mulai dari Rp2.000 hingga Rp20.000.

“Untuk detail rincian jumlah uang masing-masing pecahan nanti disampaikan lagi. Tapi yang pasti kita akan memenuhi berapapun kebutuhan uang di masyarakat, termasuk kebutuhan uang besar di mesin-mesin ATM,” tukasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds