Unpab Dikunjungi Delegasi Hongaria, Tawarkan Beasiswa bagi Dosen

Foto : fir/pojoksumut

Foto : fir/pojoksumut

 

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Delegasi Pemerintah Hongaria berkunjung ke Kampus Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab), Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing Medan, Senin (11/12/2017).

 

Dalam kunjungan itu, selain bertukar informasi kearifan lokal, Pemerintah Hongaria menawarkan beasiswa bagi dosen Unpab dan perguruan tinggi swasta (PTS) Sumut untuk kuliah di Hongaria.

 

Delegasi Hongaria yang berkunjung dipimpin Guberner Provinsi Bekes, Mihaly Zalai bersama Direktur Jenderal Departemen Pertanian Hongaria Antal Andrea dan Staf Kedutaan Besar Hongaria untukIndonesia Paldi Zoltan.

 

Mereka diterima Rektor Unpab H Muhammad Isa Indrawan, Wakil Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat George Iwan Marantika, Rektor I Unpab Ir Bhakti Alamsyah MT PhD, Rektor II Irma Fatmawati, Rektor III Samrin, dan para pimpinan PTS di Sumut yang tergabung dalam Aptisi.

 

Rektor Unpab HM Isa Indrawan mengatakan, dalam kunjungan itu delegasi Hongaria membuka pendaftaran beasiswa tahap ketiga bagi dosen untuk kuliah di sana pada Januari 2018.

 

“Setiap tahun tahunnya ada 50 dosen dari Indonesia diberikan beasiswa oleh pemerintah Hongaria. Mereka sepenuhnya ditanggung biaya hidup dan tempat tinggal selama masa perkuliahan. Beasiswa ini di luar beasiswa yang diberikan Kemenristekdikti,” ujar Isa seusai pertemuan dengan delegasi Hongaria.

 

Diutarakannya, tawaran beasiswa bagi dosen untuk kuliah di Hongaria sangat relevan dengan program Unpab yang cenderung ke arah kearifan lokal. Sebab, Unpab telah mencanangkan sebagai Kampus Tamadun Mandiri, yakni perguruan tinggi yang mengedepankan kearifan lokal dalam seluruh sendi-sendi kehidupan kampus.

 

“Kunjungan delegasi Pemerintah Hongaria ini tentu memberikan motivasi kepada Unpab untuk berbuat baik lagi dalam melaksanakan program kearifan lokal di Sumut. Selain itu, kita berharap tahun ini ada dosen Unpab yang mengikuti program beasiswa yang ditawarkan tersebut,” tutur Rektor Unpab yang juga pengurus Aptisi Sumut.

 

Lebih lanjut Isa mengatakan, tak hanya Unpab diharapkan kerja sama yang lebih erat terhadap PTS Sumut dengan perguruan tinggi di Hongaria. Seperti, pertukaran pelajar hingga kunjungan kedua belah pihak.

 

“Diharapkan dalam waktu dekat akan ada undangan dari Pemerintah Hongaria melalu Provinsi Bekes kepada Unpab ataupun PTS di Sumut, untuk melihat langsung implementasi kearifan lokal di provinsi tersebut,” kata Isa.

 

Wakil Ketua Umum Aptisi Pusat George Iwan Marantika mengatakan, hubungan Hongaria-Indonesia sudah sangat akrab sejak beberapa tahun lalu, terutama dengan Sumut. Bahkan, antara Provinsi Bekes dan Sumut sudah menjadi provinsi kembar sejak 2010.

 

“Tawaran beasiswa ini tentunya menjadi kesempatan bagi dosen-dosen di Sumut untuk melanjutkan pendidikan S2 atau S3 di Hongaria,” ujar George.

 

Sementara, Gubernur Bekes, Mihaly Zalai mengakui pihaknya baru saja meningkatkan MoU dengan Pemerintah Provinsi Sumut. Hal ini untuk menindaklanjuti MoU yang sudah dijalin sejak 2010.

 

“Hubungan antara Pemprov Sumut dengan Pemerintah Bekes selama ini berjalan sangat baik. Bahkan, hubungan tidak hanya di sektor ekonomi dan perdagangan tetapi juga mencakup aspek budaya dan pariwisata,” tuturnya. (fir/pojoksumut)

 



loading...

Feeds