Demi Penonton di Indonesia, El Clasico Kick Off Jam 1 Siang

 Lionel Messi mencetak dua gol saat Barcelona menang 3-2 di kandang Madrid (AFP)

Lionel Messi mencetak dua gol saat Barcelona menang 3-2 di kandang Madrid (AFP)

 

POJOKSUMUT.com, Kapan dan di ajang apa pun, El Clasico selalu menyita perhatian dunia. Nah, untuk lebih memanjakan penggila sepak bola, bentrok Real Madrid vs Barcelona di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12) akan digelar lebih awal.

Dibandingkan pada El Clasico bulan Desember musim lalu yang kick off-nya sore hari waktu setempat, maka musim ini menjadi lebih siang.

Daily Mail melansir, kick-off El Clasico edisi ke-270 dimulai tepat pada pukul 13.00 siang. Dengan WIB selisihnya enam jam, maka kick off-nya menjadi 19.00 WIB.

Kick-off tersiang El Clasico ini diambil sebagai bagian dari tuntutan pasar Asia. ”La Liga sudah jadi tontonan global, musim lalu sekitar 2,6 miliar orang di penjuru dunia mengikuti, dan kebanyakan di antaranya berada di benua Asia,” sebut Kepala Komunikasi Global La Liga Joris Evers kepada Reuters.

La Liga menyebut, penonton internasional ada peningkatan dari 501 juta penonton, yang tumbuh menjadi 2,59 miliar.

Peningkatan terbanyak terjadi di regional Asia-Pasifik, dengan ada ekstra 375 juta di antaranya yang menyaksikan. Di dalamnya, Indonesia dan Vietnam menjadi dua negara di antaranya.

Karena itu kedua negara mendapat jam tayang pada prime time siaran televisi. ”Kami memberi kesempatan mereka menonton El Clasico tanpa harus bangun pada tengah malam atau menyalakan alarm supaya bisa bangun lebih pagi untuk menyaksikannya,” lanjut Evers.

Benefit bagi tayangan televisi dan La Liga, tidak demikian dengan pendukung Barca. Itu seperti yang diungkapkan kelompok pendukung Barca, Seguiment FCB.

”Secara finansial dapat menguntungkan klub tapi jangan lupakan loyalitas pendukung yang berangkat ke stadion,” ucap Carles Ordiales, pemimpin Seguiment FCB dikutip Daily Star.
(ren/jpg/sdf)



loading...

Feeds