BMKG Prediksi Hujan Warnai Pergantian Malam Tahun Baru di Medan

Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi pergantian malam tahun baru 2018 di Medan diwarnai hujan.

“Kota Medan berpotensi dilanda hujan hingga akhir pekan. Cuaca hujan tersebut diprediksi juga mewarnai pergantian malam tahun baru 2018,” ungkap Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba, Kamis (28/12/2017).

Disebutkannya, selain Medan, cuaca hujan yang akan terjadi sejak 28-31 Desember. Diperkirakan juga terjadi pada sejumlah daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Antara lain, Medan, Tarutung, Sipirok, Gunung Sitoli, Stabat, Kabanjahe, Lubuk Pakam, Pematang Raya, Kisaran, Rantau Prapat, Sidikalang, Balige, Panyabungan, Teluk Dalam, Sei Rampah dan Lima Puluh.

Selanjutnya, Pematang Siantar, Sibolga, Binjai Kota, Tebing Tinggi, Padang Sidempuan, Kota Pinang, Tanjung Balai, Pangururan, Aek Kanopan dan Gunung Tua.

“Hujan yang diperkirakan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun, tetap diselingi juga cuaca panas,” sebutnya.

Dia menuturkan, prediksi hujan kali ini tidak disertai kilat atau petir, dengan suhu 19-30 derajat celcius, kecepatan angin hingga 20 km/jam dan kelembaban 70-95 persen.

“Saat ini wilayah Sumut sudah masuk musim penghujan. Musim ini terjadi sejak akhir bulan September hingga awal Januari 2018. Puncak hujannya, terjadi pada Oktober dan November lalu,” bebernya.

Ia menambahkan, hujan yang masih berpotensi terjadi karena angin baratan dan timuran bertahan. Hujan yang akan terjadi pada sore, malam dan pagi hari. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds