Gunung Sinabung Masih Erupsi, Hari Ini Tiga Kali

Penampakan awan panas dari erupsi Gunung Sinabung,  Rabu (27/12/2017).
Foto : ist

Penampakan awan panas dari erupsi Gunung Sinabung, Rabu (27/12/2017). Foto : ist

POJOKSUMUT.com, KARO-Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih terus erupsi, Kamis (28/12/2017). Sejak letusan pertama pada 2010 silam, hari ini terjadi tiga kali erupsi.

“Hari ini terjadi tiga kali erupsi Gunung Sinabung dan 1 kali erupsi disertai guguran awan panas,” kata pengamat gunung aktif, Muhammad Nurul Astroli.

Dia menjelaskan, erupsi gunung Sinabung pertama terjadi pada pukul 01.49 WIB dengan arah angin dan tinggi kolom tidak dapat diamati karena kabut.

Selanjutnya, erupsi kedua terjadi pada 12.24 WIB dengan tinggi kolom 2800 meter dan arah angin menuju Tenggar-Timur.

Kemudian, erupsi ketiga pada 15.36 WIB disertai dengan guguran awas panas. Namun, tinggi kolom dan arah angin tidak dapat diprediksi akibat tertutup kabut tebal.

“Erupsi yang terakhir tadi ini disertai dengan cucuran awan panas yang terbagi menjadi 2 jalur. Untuk jalur Selatan sejauh 4.600 meter dan jalur awan panas ke arah Tenggara-Timur sejauh 3500 meter,” katanya.

Sementara, masyarakat Desa Kuta Rayat, S Ginting (40) mengharapkan agar pihak BPBD bisa bersinergi dengan masyarakat dalam mengatasi masalah bencana. Semoga bencana tersebut dapat segera berakhir.

Terpisah, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE memerintahkan seluruh jajaran di bawah pimpinannya untuk bersiaga dan memperketat zona merah agar tidak sampai dimasuki warga. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya korban jika terjadi letusan besar.

“Diimbau kepada seluruh warga agar jangan mendekati zona merah, karena kita tidak tahu kapan datangnya awan panas itu dan arah angin. Ditambah lagi, kabut tebal. Saya berharap agar tetap bersabar dan berdoa supaya bencana Gunung Sinabung segera berakhir. Harus yakin di balik bencana ini ada berkah, serta di balik kesulitan ini pasti ada jalan,” kata Taufik. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds