Indonesia Punya 7 Wonderkid, Nomor 1 Anak Medan

Egy Maulana Vikri
Foto : Instagram egymaulanavikri

Egy Maulana Vikri Foto : Instagram egymaulanavikri

POJOKSUMUT.com, 2017 boleh dibilang menjad tahun terbaik bagi beberapa pemain muda. Bahkan, ada tujuh bocah ajaib alias wonderkid yang lahir pada tahun ini.

Sepanjang tahun ini, memang ada beberapa ajang yang mendukung perkembangan pemain muda. Sebut saja Liga 1 U-19 yang sukses melahirkan beberapa talentanya.

Belum lagi Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia U-16. Beberapa bintang muda sukses lahir dan bahkan ada yang didaulat jadi pemain muda tersubur Asia.

Siapa saja mereka? Berikut JawaPos.com rangkum:

1. Egy Maulana Vikry

Garuda Nusantara boleh cuma jadi juara tiga pada Piala AFF U-19. Namun Egy yang anak Medan itu berhasil menjadi yang terbaik dan menyabet gelar top skorer dengan torehan 8 golnya itu.

Egy Maulana Vikri
foto : Instagram

Keitimewaan Egy jelas merupakan kabar bahagia untuk sepak bola Indonesia. Sebab sudah lama rasanya pemain Indonesia tak ada yang nangkring di urutan teratas pencetak gol internasional sebelum Egy.

Bahkan Egy masuk ke dalam daftar pemain muda bertalenta dunia versi media Inggris, The Guardian. Dalam lamannya, The Guardian menganggap kalau Egy merupakan pemain yang berpengaruh di ASEAN.

2. Sutan Zico

Sutan Diego Armando Zico belakangan menjadi buah bibir usai tampil mengesankan bersama Timnas U-16 Indonesia. Zico, sapaan akrabnya, bahkan menjadi pemain muda tersubur di Asia.

Zico sempat selangkah lagi perkuat Timnas U-16 Singapura. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

 

Zico sempat tak dilirik Fakhri Husaini pada Piala AFF U-15. Namun, ketika dipanggil dalam kualifikasi Piala Asia U-16 2018, dia membuktikan dirinya.

Jebolan SSB Chelsea itu sukses mengemas 10 gol dan jadi top skorer Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 lalu. Catatan yang sempat membuah heboh media-media internasional.

3. Ghifari Vaiz

Meski Persela tak juara di Liga 1 U-19, tapi strikernya, Ghifari Vaiz Aditya sukses melejit. Dia sukses didaulat jadi top skorer gelaran tersebut.

Vaiz mencetak 12 gol dengan empat gol diantaranya dicetak dari kotak penalti. Dia merupakan jebolan Aji Santoso Internasional Football Academy (Asifa) dan siap dipromosikan ke tim utama.

4. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani namanya sukses melejit di ASEAN Games 2017. Meski baru 18 tahun, dia sukses menembus skuat besutan Luis Milla.

jadwal timnas u-19

Saddil Ramdani

Hal itu dibayar lunas oleh Saddil. Dia mencetak gol indah saat Indonesia menang 3-0 atas Filipina. Bersama Persela, Saddil juga istimea dengan cetak dua gol dan dua assist dalam 14 laganya.

5. Asnawi Mangkualam Bahar

Sama seperti Saddil, Asnawi juga sukses tembus timnas U-22 Indonesia meski masih berusia 18 tahun. Permainan pemain PSM Makassar itu terbilang istimewa.

Dia pernah mnjadi bintang saat Indonesia uji coba lawan Myanmar. Dalam 37 menit bermain, dia sukses lakukan 9 tekel. tiga terobosan, 4 interspt, dan 84 persen umpan sukses.

Bersama PSM, Asnawi tak kalah bagus. Dalam sembilan penampilan, dia sukses mencetak dua gol untuk Juku Eja.

6. Ilham Mahfudzillah

Pemain Persib U-19, Ilham Mahfudzillah juga melejit pada 2017 ini. Betapa tidak, pemain asal Aceh itu sukses menjadi top skorer Piala Menpora 2017 dengan 13 gol.

Bukan hanya itu, bersama Fanshop FC, dia juga didapuk sebagao pemain terbaik Liga Pelajar U-16 Piala Menpora. Jelas, Fakhri Husaini harus mencoba Ilham untuk dimasukkan dalam skuat menuju Piala Asia tahun depan.

7. Rachmat Irianto

Rian, sapaan akrabnya, memang punya aura kepemimpinan yang menurun dari sang ayah, Bejo Sugiantoro. Rian tentu tak pernah lupa laga Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang pada 12 Maret 2017 lalu.

Dalam laga uji coba itu, Rian yang masih berusia 17 tahun dipercaya menjadi kapten Persebaya. Sontak dia cetak rekor jadi kapten termuda Bajul Ijo dan uniknya memecahkan rekor sang ayah, Bejo, yang jadi kapten pada usia 21 tahun.

Pada level timnas, Rian juga sudah menjadi kapten di pagelaran Piala AFF U-19 2017 lalu. Dia dipercaya Indra Sjafri untuk pimpin rekan-rekan lainnya di lapangan dan terbukti membawa Garuda Nusantara raih peringkat ketiga.

(ies/JPC/sdf)



loading...

Feeds