Antisipasi Kekosongan, Pertamina Siapkan Kantong BBM di Jalinsum

Ilustrasi pengisian BBM.  
FOTO : pertaminaretail

Ilustrasi pengisian BBM. FOTO : pertaminaretail

POJOKSUMUT.com, MEDAN-PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumbagut telah memprediksi pada masa perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (NARU) terjadi peningkatan konsumsi masyarakat terhadap bahan bakar minyak (BBM).

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi kekosongan disiapkan kantong-kantong BBM di SPBU Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum).

“Untuk mengantisipasi atau menjaga pasokan bahan bakar tetap aman di Sumut, telah disiapkan kantong-kantong BBM pada SPBU yang berada jalur-jalur lintas provinsi (Jalinsum). Di Sumut ada 126 SPBU, Sumbar 86 SPBU, Riau 60 SPBU dan Aceh 46 SPBU,” ungkap General Manager Pertamina MOR I Sumbagut, Erry Widiastono baru-baru ini.

Disebutkan dia, stok BBM yang ada bisa mencukupi hingga 17 hari.

“Tak hanya pada jalur lintas provinsi, kantong BBM disiapkan juga pada 7 lokasi SPBU di Sumut. Di antaranya SPBU Serdang Bedagai, Simalungun, Langkat, Tapanuli Utara, Humbahas dan Karo (2 SPBU),” sebut Erry.

Dia menjelaskan, penyediaan kantong BBM ini adalah menyediakan mobil tangki yang sudah terisi. Tujuannya agar tidak terjadi keterlambatan suplai.

“Biasanya pada momen ini daerah-daerah tersebut arus lalu lintas sangat padat. Sehingga, ketika habis stok di SPBU bisa teratasi dengan adanya mobil tangki yang ditempatkan,” terang Erry.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam menyambut perayaan NARU, pihaknya telah mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM terkhusus premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo.

Untuk itu, dibentuk tim satgas yang beroperasi selama 24 jam mulai 18 Desember hingga 7 Januari. Tim yang dibentuk bertugas memonitor kondisi dan situasi pasokan guna mengantisipasi gejolak konsumsi BBM dan elpiji.

“Perkiraan peningkatan konsumsi BBM yang terjadi ini dikarenakan hari libur yang cukup panjang, baik natal maupun tahun baru. Sehingga, masyarakat memanfaatkan waktu untuk berlibur,” kata Erry.

Ia melanjutkan, pada perayaan NARU periode ini diprediksi estimasi peningkatan yang terjadi mencapai 4,56 persen di wilayah Sumbagut. Diperkirakan, konsumsi tertinggi terjadi selain pada arus mudik Natal juga arus balik yakni Rabu, 3 Januari dengan konsumsi sekitar 16.340 KL. Angka ini naik 23 persen dari rata-rata konsumsi normal.

“Di Sumut peningkatan konsumsi diperkirakan mencapai 119,2 persen, Sumbar 114,8 persen dan Aceh 106,8 persen. Sedangkan Riau dan Kepri terjadi penurunan yaitu 78,8 persen dan 76,9 persen,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds